-->

Cincopa Gallery

...
SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

MENGHASILKAN UANG DARI DAUR ULANG KERTAS: PROSES DAUR ULANG KERTAS

Setiap tahun lebih dari 400 juta metrik ton kertas dan karton diproduksi secara global, lebih dari setengah produksi berasal dari Cina, Amerika Serikat dan Jepang. Pada 2016, orang amerika sendiri mengkomsumsi 70 juta metrik ton kertas per tahun atau 514 pound per orang, serta 13 juta ton di Indonesia.

Sebagian kertas ini dapat didaur ulang, yang merupakan proses daur ulang kertas besar untuk digunakan kembali. Kertas ini dapat dikumpulkan dari sisa pabrik kertas maupun bekas digunakan oleh masyarakat (konsumen) misalnya koran bekas, majalan, kardus dan kertas kemasan.

Kertas adalah salah satu bahan yang paling mudah didaur ulang, namun kertas akhirnya mencapai titik dimana kertas tidak dapat didaur ulang lagi karena pemendekan yang progresif setiap kali didaur ulang.

Setiap metrik ton (1.000 kilogram) kertas daur ulang dapat menghemat sekitar:
  1. 19 pohon yang dapat menyerap 172 kilogram CO2 dari atmosfer setiap tahun
  2. 1.500 liter minyak
  3. 2.68 meter kubik ruang di landfill (TPA)
  4. 4.400 kilowatt energi
  5. 29.000 liter air
  6. Apabila dunia dapat mendaur ulang kertas hingga 100%, sekitar 2,5 miliar pohon akan diselamatkan tiap tahunnya.

TERDAPAT 5 PROSES DAUR ULANG KERTAS

1. MENGUMPULKAN/COLLECTION

Proses daur ulang kertas dimulai dengan mengumpulkan kertas tersebut secara individu (rumah, bisnis, universitas, produsen industri). Kertas yang dikumpulkan secara individu tersebut kemudian diangkut kemudian mengumpulkannya dalam wadah daur ulang yang lebih besar.

2. PENYORTIRAN DAN TRANSPORTASI / SORTING AND TRANSPORTATION

Setelah dikumpulkan, kertas diukur dan dinilai kualitasnya. Kertas bekas dengan kualitas yang sama digabungkan karena memiliki jumlah serat yang sama yang dapat diekstraksi dari pulp. Kertas tersebut kemudian diangkut ke fasilitas daur ulang kertas.

Setelah tiba di fasilitas daur ulang, kuantitas dan kualitas (kebersihan dan jenis) kertas diukur dan kontrak pembelian dikeluarkan untuk pendaur ulang. Pengukuran kualitas kertas ini juga digunakan untuk menentukan apakah jenis kertas limbah diterima atau ditolak; beberapa pendaur ulang menerima nilai campuran kertas yang dapat di daur ulang, sementara yang lain hanya menerima kualitas nilai kertas limbah yang disukai.

MENGHASILKAN UANG DARI DAUR ULANG KERTAS: PROSES DAUR ULANG KERTAS

Setelah diterima oleh fasilitas daur ulang, kertas yang dipulihkan kemudian diurutkan lebih lanjut berdasarkan pada perawatan permukaan dan strukturnya. Misalnya, kertas tipis seperti koran dipilah secara terpisah dari bahan kertas tebal seperti folder kertas. Penyortiran ini penting karena nilai yang berbeda dari bahan kertas diproduksi berdasarkan bahan yang dipulihkan.

3. PENCABIKAN DAN PENGGERUSAN / SHREDING AND PULPING

Setelah disortir, kertas kemudian diparut untuk memecah materi menjadi potongan-potongan kecil. Setelah bahan dalam parutan halus, sejumlah besar air ditambahkan bersama dengan bahan kimia lain seperti hidrogen peroksida, natrium hidroksida, dan natrium silikat untuk memecah dan memisahkan serat kertas.

Larutan bubur yang dihasilkan dikenal sebagai bubur kertas, memiliki konsistensi oatmeal dan merupakan bahan baku yang digunakan untuk membuat kertas. Proses mengubah bahan kertas yang di daur ulang menjadi pulp dikenal sebagai bubur kertas.

Bubur kemudian melewati serangkaian layer/lapisan, dan proses seperti centrifuge untuk menghilangkan kontaminan yang lebih besar seperti klip kertas, staples, pita, dan film plastik yang dimasukkan dalam kertas yang didaur ulang.

4. MENGHILANGKAN TINTA / DE-INGKING

Setelah menghilangkan kontaminan yang lebih besar, pulp ditambahkan ke tangki pengapungan di mana bahan kimia dan gelembung udara menghilangkan pewarna dan tinta untuk meningkatkan kemurnian dan keputihan produk.

Hidrogen peroksida, dan zat pemutih lainnya dapat ditambahkan untuk lebih meningkatkan warna putih pada produk. Langkah ini terus memutihkan pulp sampai siap untuk tahap pemrosesan akhir.
 
Pewarna kadang-kadang ditambahkan untuk membuat produk berwarna, dan dalam beberapa kasus sejumlah kecil pewarna biru dan hitam ditambahkan untuk membuat kertas cetak putih terang. Bubur kertas cokelat, seperti bubur kertas yang digunakan untuk membuat kertas kardus.

Bubur, yang sekarang 99 persen air dan satu persen serat dapat dikombinasikan dengan pulp yang terbuat dari bahan baru untuk meningkatkan kualitasnya dan kemudian dipompa ke mesin kertas.
5. PENGERING / DRYING
Bubur tersebut kemudian melewati rol yang menekan air berlebih, atau mesin bergetar untuk membuat produk yang terbuat dari 50 persen air dan 50 persen serat. Bubur dapat digunakan sendiri atau serat kayu ditambahan ke bubur kertas untuk memberikan kekuatan atau kehalusan ekstra pada kertas. 

Jika kertas dilapisi diinginkan untuk pencetakan yang halus, campuran pelapis dapat diterapkan pada kertas di dekat akhir proses pembuatan kertas atau setelah proses selesai.

Selanjutnya, lembaran melewati rol yang dipanaskan dengan uap, pada suhu setinggi 130 derajat Fahrenheit untuk membentuk gulungan panjang lembaran kertas yang diratakan. Satu gulungan kertas ini bisa selebar 30 kaki dan beratnya mencapai 27 metrik ton.

MENGHASILKAN UANG DARI DAUR ULANG KERTAS: PROSES DAUR ULANG KERTAS

Pada tahap ini, pelapis kadang-kadang ditambahkan ke kertas agar tinta tidak menyebar seperti saat menulis di kertas tisu. Ujung gulungan kemudian dipangkas dan didaur ulang untuk membuat bubur kertas baru. 

Gulungan kertas yang dihasilkan kemudian dipotong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan dikirim ke berbagai produsen yang menggunakan kertas untuk membuat produk mereka, seperti mencetak koran, kertas pembungkus, kertas cetak, dan insulasi selulosa yang ditiupkan. 

“Seluruh proses daur ulang untuk surat kabar memakan waktu sekitar 7 hari, dan penelitian menunjukkan bahwa kertas dapat didaur ulang sekitar 7 kali sebelum kehilangan integritasnya. Daur ulang kertas (surat kabar) membutuhkan langkah lebih sedikit dibandingkan kertas tebal (kardus)” 


 
Related Posts
Ahmad Amiruddin
Saat ini mengambil jurusan Teknik Lingkungan di Institut Teknologi Bandung. Seorang yang sangat menyukai membahas isu-isu yang ada di masyarakat utamanya mengenai masalah lingkungan. Selain mengenai lingkungan, juga tertarik dengan platform minyak dan gas, Desain serta Menulis. "VI VERI VENI VERSUM VIVUS VICI"

Related Posts

1 komentar

  1. thankyou for this article, its very usefull please kindly check our website at http://news.unair.ac.id/2021/02/17/tim-kkn-unair-berikan-pelatihan-daur-ulang-sampah-kepada-siswa-smp-ipiems-surabaya/gambar-3-5/

    BalasHapus