SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

5 TIPS EFEKTIF MENGATUR KEUANGAN BAGI MAHASISWA

5 TIPS EFEKTIF MENGATUR KEUANGAN BAGI MAHASISWA
Demi ketenangan dan kesejahteraan saat menempuh dunia perkuliahan terutama bagi kalian yang harus merantau, kemampuan mengatur keuangan menjadi hal yang wajib dimiliki. Sebab jika kamu tidak bijak dalam mengatur keuangan, berapapun banyaknya uang bulanan kamu, itu tetap tidak akan terasa cukup.

Apalagi kalau kamu tak bisa menahan godaan gaya hidup dan tidak pernah mau ketinggalan tren. Padahal saldo rekening tidak memungkinkan karena masih banyak yang lebih penting untuk diperhatikan.

Tidak dipungkiri jika banyak mahasiswa yang sampai tidak sadar diri dan harus menghadapi masa-masa kritis saat menjelang akhir bulan karena tidak memperhatikan dan mengatur keuangannya.

Nah, untuk mencegah hal itu terjadi pada kamu, berikut tips mengatur keuangan buat kamu para mahasiswa agar bisa hidup hemat dalam dunia kuliah.

1. MEMBUAT ANGGARAN KEUANGAN

Meskipun orang tuamu yang menanggung pembayaran kuliah, kamu tetap harus mempunyai anggaran pribadi untuk mengatur keuangan. Setiap kamu menerima kiriman dana baik dari orang tua maupun penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan, segera buatkan anggaran selama sebulan. Catat besar pemasukan atau uang jajan. Kemudian catat pengeluaran rutin seperti biaya kos, makan sehari-hari, transportasi, kuota dan pulsa, hingga perlengkapan kuliah.

Kamu juga boleh mengalokasikan dana untuk hiburan, tapi pastikan kebutuhan utama telah terpenuhi. Rajinlah melakukan review atau evaluasi anggaran secara berkala. Usahakan anggaran yang kamu buat bisa ditaati. Namun, hindari membuat anggaran yang terlalu longgar karena dapat berujung pemborosan.

2. HIDUP HEMAT DAN SEDERHANA

Hidup sederhana bagi mahasiswa adalah salah satu hal terpenting agar bisa sukses. Perkembangan dan kemajuan di era modern ini menarik banyak perhatian mereka untuk mengikuti tren dan mengubah gaya hidup. Akibatnya, masa depan menjadi terbelakang dengan menomorduakan untuk memikirkan cara membeli asuransi, menambah pengetahuan, atau dengan berinvestasi.

Padahal, orang yang sukses adalah mereka yang lebih suka hidup sederhana demi masa depan, lebih banyak berinvestasi sebab tahu kalau pemborosan sesaat hanya akan menghancurkan segala upaya mereka.

Maka dari itu, belajarlah untuk hidup sederhana saat masih kuliah. Kamu bisa mengaplikasikan beberapa cara seperti rajin menabung, memasak sendiri, membawa bekal makanan dan minuman sendiri, serta mencuci pakaian sendiri.

Selain itu, kamu juga bisa hidup hemat dengan memanfaatkan fasilitas umum yang ada. Misalnya, kamu bisa menggunakan WiFi kampus ketika ingin mengerjakan tugas-tugas kuliah atau mendownload e-book, film, dan lainnya. Bandingkan jika kamu selalu memilih menyelesaikan tugas di coffee shop. Dalam sehari kamu bisa menghemat hingga Rp 50-100 ribu.


3. HANYA SEDIAKAN UANG PAS DI DOMPET

Bayangkan perbedaannya jika yang di dalam dompet kamu masih ada seratus ribu dengan hanya tersisa Rp 15 ribu saja. Saat uangmu seratus ribu, kamu jadi lebih bebas memilih menu makanan atau jajanan sehingga besar kemungkinan kamu tidak memperhatikan total biaya yang dikeluarkan. Sementara, jika isi dompet kamu hanya tersisa Rp 15 ribu, otomatis kamu pasti akan berpikir untuk menentukan menu makanan yang mengenyangkan, enak tapi murah.

Dengan membawa uang seperlunya saja, mau tidak mau kamu pun hanya akan membeli keperluan seadanya. Tips satu ini yakin bisa membantu kamu membatasi pengeluaran secara efektif.

4. MEMILIH MEMINJAM DARIPADA MEMBELI

Dunia perkuliahan tentunya bisa menghabiskan sangat banyak biaya. Salah satunya adalah biaya untuk pembelian buku. Apalagi, jika buku yang diperlukan itu banyak dan tebal-tebal, pasti harganya pun tebal-tebal juga. Sehingga, sangat disayangkan jika kamu harus menghabiskan banyak dana hanya untuk membeli buku yang digunakan untuk sesaat atau cuma beberapa semester saja.

Tapi hal itu jangan membuatmu terlalu risau. Solusinya bisa kamu dapatkan melalui beberapa alternatif. Meminjam buku dari perpustakaan kampus misalnya. Kamu juga bisa meminjam buku dari saudara atau sepupu jika ada, atau senior kamu yang sudah lulus mata kuliah tersebut. Nanti kamu akan merasakan bahwa meminjam jauh lebih hemat daripada membeli.

5. MENCARI PEKERJAAN SAMPINGAN

Di samping kuliah, kamu juga bisa bekerja untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kuliah sambil bekerja malah bisa memberikan banyak keuntungan jika kamu pandai dalam membagi waktu dengan baik.

Jika pengaturan anggaran keuangan bisa kamu jalankan dengan baik, lantas mengambil langkah kuliah sambil bekerja maka hal ini bisa menambah tabunganmu secara signifikan.

Tapi, pertama-tama, temukan dulu pekerjaan sampingan yang sesuai dengan bidang pendidikan atau mata kuliahmu! Hal ini penting agar selain memperoleh penghasilan tambahan, pekerjaan sampingan itu juga bermanfaat untuk dirimu. Dengan begitu, kamu bisa mengaplikasikan pengetahuan yang kamu punya dan melatih kemampuanmu secara langsung.

Tapi, jika kesibukan kuliah benar-benar melandamu sehingga merasa kesulitan membagi waktu, manfaatkan liburan tengah semester atau akhir semester untuk bekerja agar tidak mengganggu kuliahmu.

Terakhir, yang terpenting adalah bukan seberapa banyak uang yang bisa kamu peroleh, tapi seberapa cerdas manajemen keuangan yang bisa kamu aplikasikan. Semoga berhasil!

Related Posts
Nurfadillah Ham
Gadis ambisius kelahiran Pinrang. Mulai menekuni dunia kepenulisan sejak SMA. Orang tua adalah motivasi terbesarnya. Pernah memperoleh beasiswa kepenulisan ke Singapura oleh ESEYM (Event Student Exchange & Youth Movement). Juara 2 Lomba Esai Nasional Muslim Youth Competition oleh Universitas Islam Indonesia. Telah menerbitkan cerpen berjudul "Aku bukan Teroris!" di Koran Fajar dan beberapa tulisannya dapat dijumpai di beberapa media lainnya.

Related Posts

Posting Komentar