SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

HSSE PASS PERTAMINA: 11 CORPORATE SAVING RULES PERTAMINA

HSSE PASS PERTAMINA: 11 CORPORATE SAVING RULES PERTAMINA

HSSE PASS PERTAMINA, HSE PASS PERTAMINA, HSE PERTAMINA, 11 CORPORATE LIFE SAVING RULE PERTAMINA

Halo sobat safety first! 
Kali ini saya akan membahas mengenai HSSE PASS PERTAMINA. Yup, Kartu ini merupakan tanda kalau kita telah mengetahui 11 Elemen Corporate Life Saving Rules PERTAMINA. Waktu itu Mahasiswa Universitas PERTAMINA lagi musim Kerja Praktek. Sebagian besar mahasiswanya mendapatkan kesempatan untuk ikut Kerja Pratek di PERTAMINA yang difasilitasi oleh kampus. Dalam prosesnya, tiba-tiba dibuka pendaftaran bagi yang ingin KP di PERTAMINA agar ikut training di  HSE Demo Room Kantor Pusat Pertamina yang terletak di Kantor Pusat PT Pelita Air Service Lantai 4, Jalan Abdul Muis Jakarta. Pembukaan pendaftaran ini akibat dari kerjasama kampus dan pihak Pertamina. Ikutlah saya dengan memasukkan nama dan dapat jatah untuk ikut jam 2 siang 2 hari kemudian.

Pertama sampai disana, hal yang pertama dilakukan adalah registrasi meliputi mengisi biodata dan foto untuk dipasang di HSSE PASS apabila lolos. Jadi yang ikut tidak selamanya lolos, waktu itu saya melihat ada beberapa pegawai outsourcing yang bekerja di PERTAMINA hingga 3x percobaan tidak lolos. Ohiyya, HSSE PASS ini hanya dapat diperoleh seseorang apabila orang tersebut akan bekerja/magang di PERTAMINA, apabila tidak termasuk kategori tersebut kalian tidak dapat untuk mendapatkan HSSE PASS. Adapun HSE PASS ini berlaku selama 2 tahun.

Setelah mengisi biodata kalian akan diberikan materi dari manager HSE PERTAMINA mengenai 11 saving rules tersebut dan contoh-contohnya. Setelah pemberian materi kalian akan diajak berkeliling untuk melihat demo room yang terdiri dari 11 booth. Demo Room ini bertujuan untuk memandu tata cara pembuatan HSE Passport untuk memastikan setiap mitra kerja/tamu yang akan memasuki area Pertamina telah memahami potensi bahaya dan upaya pencegahan kecelakaan agar dalam pelaksanaan dan implementasinya menjadi efektif dan efisien. Tahap akhir dari materi dan demo room adalah mengetest materi yang kita dapat dengan menjawab soal. Hasil dari test tersebut untuk menentukan apakah kita Lolos dan berhak mendapatkan HSSE PASS atau tidak. 
 
Dengan fasilitas demo room ini kita semakin mengerti mengenai keselamatan kerja dan akan meningkatkan kepedulian kita agar bekerja dengan selamat. Dengan ini pula dalam melakukan pekerjaan keluarga dirumah tidak perlu khawatir apabila kita berangkat bekerja. Karena kita ketahui sendiri bahwa PERTAMINA merupakan perusahaan minyak dan gas yang memiliki resiko kecelakaan yang sangat tinggi dibandingkan industry lainnya.  Berikut 11 corporate saving rules PERTAMINA yang kemarin kami ikut.

HSSE PASS PERTAMINA, 11 LIFE SAVING RULES PERTAMINA, DEMO ROOM PERTAMINA, SAFETY ROOM PERTAMINA

11 ELEMEN CORPORATE LIFE SAVING RULES PERTAMINA

1. Tools & Equipment 

2. Safe Zone Position

3. Permit to Work

4. Isolation

5. Confined Space

6. Lifting Operation

7. Fit to Work,

8. Working at Heigh

9.  Personal Floatation Device

10. System Override

11. Asset Integrity.





Related Posts
Ahmad Amiruddin
Saat ini mengambil jurusan Teknik Lingkungan di Universitas Pertamina. Seorang yang sangat menyukai membahas isu-isu yang ada di masyarakat utamanya mengenai masalah lingkungan. Selain mengenai lingkungan, juga tertarik dengan platform minyak dan gas serta desain. "VI VERI VENI VERSUM VIVUS VICI"

Related Posts

Posting Komentar