SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

7 TIPS BELAJAR EFEKTIF YANG MUDAH KAMU TERAPKAN

7 TIPS BELAJAR EFEKTIF YANG MUDAH KAMU TERAPKAN

TIPS BELAJAR EFEKTIF

Belajar pagi para siswa/mahasiswa adalah sebuah kewajiban. Pelajar/mahasiswa yang baik tentunya harus belajar yang baik, belajar yang menghasilkan peningkatan pengetahuan, sikap dan atau keterampilannya.
Jika kamu pernah atau sering mengalami kesulitan dalam belajar, maka bisa dikatakan bahwa teman-teman belum menerapkan belajar dengan efektif. Nah, disini penulis akan memberikan tips atau cara belajar yang efektif yaitu:

1. MULAILAH DENGAN BERSUCI DAN MEMBACA DOA
BELAJAR EFEKTIF BERDOA DAN BERSUCI
Berwudhu sebelum belajar merupakan bagian dari memuliakan ilmu, sehingga apabila kita berwudhu sebelum belajar kita akan menyerap ilmu itu dengan mudah mudah. Begitupun dengan membaca doa, Dengan berdoa, belajar jadi lebih tenang dan pikiran kita lebih berfokus kepada materi pelajaran yang sedang kita pelajari.

2. BELAJAR DIMANAPUN KITA SUKA
BELAJAR EFEKTIF TAMAN
Memilih tempat belajar yang disukai tentu akan membuat kita merasa nyaman untuk belajar. Ada orang yang menyukai belajar sendiri di tempat sepi, namun ada juga orang yang lebih menyukai belajar berkelompok. Dengan memilih tempat yang nyaman, belajar akan lebih menyenangkan dan efektif.

3. TETAPKAN TUJUAN
TARGET BELAJAR EFEKTIF
Menetapkan tujuan bisa menjadikan belajar kita dengan efektif. Contoh tujuan belajar untuk memasuki perguruan tinggi yang diminati ataupun membanggan orang tua. Menetapkan tujuan bisa menjadi sebuah motivasi dan mengacu semngat jika kamu mulai merasa kehilangan minat untuk belajar. Memiliki tujuan yang jelas membantu kamu tetap fokus dan konsisten selama proses belajar.

4. RAJIN MEMBUAT RANGKUMAN ATAU CATATAN KHUSUS

BELAJAR EFEKTIF RANGKUMAN DAN CATATAN
Membuat catatan penting di kertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana sehingga dapat dibaca di mana pun kita berada. Manfaat dari mencatat juga sangat penting untuk menyimpan pelajaran dalam bentuk tulisan agar kita mudah membukanya saat kita lupa pelajaran tertentu. Dengan menuliskan kembali maka sama halnya dengan kita mengulang pelajaran tersebut sehingga dengan mudah untuk dipahami.

5. MEMILIH WAKTU YANG IDEAL
WAKTU BELAJAR EFEKTIF
Memilih waktu yang ideal juga begitu meningkatkan semangat belajar. Jika kita belajar dalam kondisi tidak mood, secara otomatis kita akan kesulitan mempelajari atau menyerap ilmu yang pelajari. Menurut penulis dan telah dibuktikan waktu yang ideal untuk belajar yaitu pada sepertiga malam atau subuh.

6. DIPAHAMI BUKAN MENGHAFAL
BELAJAR EFEKTIF
Hal yg sering dilakukan oleh siswa ketika ingin menghadapi ujian adalah menghafal pelajaran. Sebenarnya tidak salah cuman kurang efektif. Untuk lebih efektifnya adalah memahami pelajaran maka dengan sendiri akan kita ingat ketika ujian. Sangat disarankan untuk tidak menghafal melainkan untuk dipahami.

7. KUNCI SEMUA METODE BELAJAR

Kuncinya terletak pada kesungguhan kita dalam berusaha dan berdoa, karena saya masih ingat ada yang mengatakan kecerdasan seseorang 73% dari kesungguhan doanya, sedangkan 27% dari belajar. Intinya doa sangatlah penting, sebagai bentuk berserah diri kepada Allah. Namun belajar juga sangatlah penting.

Tips atau Cara Belajar Yang Efektif di atas bisa diterapkan untuk memahami semua jenis pelajaran. Jika memang teman-teman merasa lemah dalam pelajaran tertentu, sebaiknya belajar secara rutin dan lakukan berulang-ulang agar pelajaran tidak mudah terlupakan. Tidak cukup hanya dengan membaca doa belajar saja tapi harus dibarengi dengan usaha yang gigih dalam belajar dan menerapkan cara belajar yang paling efektif.

Author: Nurfadillah Ham 

Nurfadillah Ham, gadis ambisius kelahiran Pinrang. Mulai menekuni dunia kepenulisan sejak SMA. Orang tua adalah motivasi terbesarnya. Pernah memperoleh beasiswa kepenulisan ke Singapura oleh ESEYM (Event Student Exchange & Youth Movement). Juara 2 Lomba Esai Nasional Muslim Youth Competition oleh Universitas Islam Indonesia. Telah menerbitkan cerpen berjudul "Aku bukan Teroris!" di Koran Fajar dan beberapa dapat dijumpai di beberapa media lainnya.


Related Posts
Ahmad Amiruddin
Saat ini mengambil jurusan Teknik Lingkungan di Universitas Pertamina. Seorang yang sangat menyukai membahas isu-isu yang ada di masyarakat utamanya mengenai masalah lingkungan. Selain mengenai lingkungan, juga tertarik dengan platform minyak dan gas serta desain. "VI VERI VENI VERSUM VIVUS VICI"

Related Posts

Posting Komentar