SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

6 TIPS SIMPEL DAN CEPAT MENDAPATKAN PEKERJAAN

6 TIPS SIMPEL DAN CEPAT MENDAPATKAN PEKERJAAN

Mendapatkan pekerjaan tentunya bukan hal yang mudah. Apalagi di era digital ini persaingan semakin ketat dan ada banyak tantangan dalam proses rekrutmen.

Persaingan mendapatkan pekerjaan bukan hanya bagi lulusan SLTA, tingkat Diploma, dan Sarjana saja. Tetapi juga menjadi tantangan bagi para pekerja yang ingin mendapatkan pekerjaan baru. Terlebih, dalam mencari pekerjaan mestilah sesuai passion dan keinginan kita.

Berikut ini 6 tips simpel yang bisa kamu terapkan dalam mencari pekerjaan.

1. RAJIN MENCARI INFORMASI DI BERBAGAI MEDIA

Mendapatkan informasi lowongan kerja di era digital ini tidaklah sulit. Ada banyak tersedia lowongan kerja yang bisa kita temui di koran, ada ratusan lowongan kerja event jobfair, dan ribuan lowongan kerja di situs internet. Jadi, sebenarnya bukan lowongan kerjanya yang tidak ada sehingga banyak yang belum mendapatkan pekerjaan atau menganggur. Akan tetapi, usaha dan cara mereka dalam berproses yang kurang efektif sehingga hasilnya pun tidak maksimal. Banyak dari recruiter perusahaan justru kesulitan mencari kandidat yang ingin di rekrut.

Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu dan semua media yang ada dengan baik untuk mencari informasi lowongan kerja. Kamu bisa mencarinya di media koran dan juga internet. Di internet kamu bisa menemukan banyak situs penyedia informasi lowongan kerja.

Beberapa situs lowongan pekerjaan online yang bisa kamu kunjungi diantaranya Jobs.id, Jobstreet.co.id, Karir.com, Kalibrr.com, Glints.com, dan masih banyak lagi.

2. PERLUAS KONEKSI DAN JARINGAN

Perluaslah relasi pertemanan kamu baik online maupun offline. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk memperoleh banyak teman dan menanyakan informasi lowongan pekerjaan kepada mereka. Aktif bergabung dalam media sosial seperti Linkedin, Twitter, dan Telegram bisa memperluas koneksi dan jaringan kamu. Membuat profil kamu dengan baik dan menarik menjadi salah satu kunci mencari pekerjaan melalui media sosial terutama Linkedin. Selain itu, jangan sungkan bertanya kepada teman lama semasa sekolah ataupun kuliah untuk mendapatkan banyak info loker.

3. MENGIKUTI EVENT JOB FAIR

Event job fair selalu tersedia setiap bulan. Dengan mengikuti event job fair, di sini kamu bisa menaruh langsung lamaran pekerjaan pada perusahaan yang kamu minati sesuai kualifikasi dan kebutuhan perusahaan tentunya. Event job fair bisa menjadi tempat yang sangat potensial buat kamu untuk menemukan pekerjaan, karena tersedia ratusan loker dari puluhan perusahaan yang bisa kamu temukan.

4. KIRIM CV VIA E-MAIL

Salah satu cara memanfaatkan media internet juga dapat dilakukan dengan mengirimkan CV (Curriculum Vitae) secara online melalui e-mail. Di era ini memang tidak begitu sulit mencari lowongan pekerjaan karena banyak perusahaan yang menerapkan sistem rekruitmen via e-mail. Usahakan dan jangan ragu untuk mengirimkan surat lamaran dan CV kamu ke ratusan alamat e-mail perusahaan. Kamu bisa mencari alamat e-mail perusahaan tersebut di internet atau bertanya langsung dengan menelfon perusahaan. Dengan begitu, kamu bisa menaruh banyak surat lamaran pekerjaan tanpa perlu mengeluarkan banyak uang, tenaga, dan waktu. Jadi, cara yang satu ini dapat dikatakan lebih efisien dan praktis.

5. MEMULAI USAHA SENDIRI

Salah satu pilihan buat kamu yang menginginkan pekerjaan adalah dengan mulai membuat usaha sendiri. Kamu bisa memanfaatkan skill serta mengembangkan bakat dan juga hobi yang kamu miliki untuk menghasilkan pemasukan.

Misalnya, kamu suka mendesain dan menjahit pakaian, hal itu bisa mengembangkan hobi kamu dan menghasilkan produk yang bisa dijual.
Cobalah juga untuk bergabung dengan komunitas yang mempunyai hobi sama. Di situ kamu bisa belajar dan mengembangkan hobi sehingga kegiatanmu menjadi positif dan produktif.

Selain itu, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk membangun dan mengembangkan bisnis STARTUP. STARTUP bisa menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan mengingat perkembangan teknologi saat ini.

6. BERDOA DAN TAWAKAL

Setiap usaha mesti diselingi dengan doa dan juga tawakal. Jangan pernah berhenti berdoa. Karena setiap keinginan, harapan, dan cita-cita akan terwujud bilamana Allah menghendaki.

Salah satu yang terpenting dalam menanti hasil dari usaha, kamu juga perlu tawakal. Dalam agama Islam, tawakal berarti berserah diri sepenuhnya kepada Allah dalam menghadapi atau menunggu hasil suatu pekerjaan. Bahkan menurut penjelasan para ulama, tawakal merupakan bagian dari usaha.

Semoga 6 tips di atas bisa membantu kamu sehingga bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat yah!

Related Posts
Nurfadillah Ham
Gadis ambisius kelahiran Pinrang. Mulai menekuni dunia kepenulisan sejak SMA. Orang tua adalah motivasi terbesarnya. Pernah memperoleh beasiswa kepenulisan ke Singapura oleh ESEYM (Event Student Exchange & Youth Movement). Juara 2 Lomba Esai Nasional Muslim Youth Competition oleh Universitas Islam Indonesia. Telah menerbitkan cerpen berjudul "Aku bukan Teroris!" di Koran Fajar dan beberapa tulisannya dapat dijumpai di beberapa media lainnya.

Related Posts

Posting Komentar