SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

MENGAPA MEMILIH KULIAH DI UNIVERSITAS PERTAMINA?

LOGO UNIVERSITAS PERTAMINA PNG HD, LOGO UNIVERSTITAS PERTAMINA HD, LOGO UNIV PERTAMINA PNG, LOGO UNIV PERTAMINA HD, MENGAPA MEMILIH UNIVERSITAS PERTAMINA


Mungkin kampus ini masih terdengar asing ditelinga teman sekalian. Dapat dibilang Unviersitas Pertamina merupakan kampus yang baru karena berdiri pada tahun 2016. Oleh karena itu, mungkin masih sedikit informasi mengenai kampus ini, utamanya kalian yang memiliki minat untuk menuntut ilmu dikampus ini. Bacaan ini semoga bisa jadi informasi buat kalian, karena walaupun dapat dibilang masih berumur jagung dibandingkan dengan kampus besar lainnya, Universitas Pertamina telah meraih banyak PRESTASI.

Rektorat
Rektorat Universitas Pertamina
Gambar 1. Rektorat Universitas Pertamina

Diawal berdirinya, Universitas Pertamina langsung dipimping oleh orang-orang yang kompeten dalam mengurus perguruan tinggi. Sejak berdiri kampus ini dipimpin Bapak Prof. Akhmaloka., Ph.D, mungkin bagi alumni ITB tidak asing dengan nama ini, karena Pak Akhmaloka merupakan Rektor ITB periode 2010-2015.  Adapun Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dijabat oleh Bapak Prof. Ichsan Setya Putra yang merupakan Ketua Satuan Penjamin Mutu ITB dan pernah menjadi Direktur Pendidikan ITB, jadi gak bisa dianggap remeh dong masalah akademik dikampus ini. Selanjutnya Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Sumber Daya Organisasi yaitu Bapak Dr. Dofa Purnomo merupakan pekerja PT.Pertamina (Persero) serta pengajar di Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) bahkan mendapatkan penghargaan  10 Dosen Terbaik Marketing Management FEB UI. Terakhir Wakil Rektor III Bidang Riset, Pengembangan dan Kerjasama Universitas Pertamina diisi oleh Bapak Budi W. Soetjipto, Ph.D, Karena kinerja beliau sejak berdirinya kampus ini telah sangat banyak menjaling Kerjasama dengan universitas lain dalam maupun luar negeri, perusahaan besar seperti Pertamina, Halliburton bahkan lembaga pemerintah dari tingkat kementrian hingga kabupaten/kota. 

DosenDari sebuah institusi pendidikan, faktor yang paling penting adalah pengajar/dosen. Dosen di Universitas Pertamina merupakan orang-orang pilihan, mengapa? Karena diseleksi dengan ketat untuk menghasilkan tim pengajar yang kompeten dan profesional, sebagian besar merupakan alumni lulusan kampus ternama dalam negeri dan luar negeri dengan komposisi jenjang pendidikan S3 lebih banyak dibandingkan S2. Selain itu, tiap dosen diberikan dana penelitian yang melibatkan mahasiswa. Menurut pengalaman saya pribadi, dosen di Universitas Pertamina memiliki disiplin yang tinggi utamanya pada ketepatan waktu mengajar, selain itu dapat membantu mahasiswa untuk mengeluarkan potensi terbaiknya dengan selalu terbuka untuk diajak diskusi. 

Fasilitas  

Untuk menunjang proses belajar-mengajar, Universitas Pertamina memiliki fasilitas yang top markotop deh, berlokasi di Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Kampus ini memiliki gedung perkuliahan yang nyaman, ruang diskusi, perpustakaan yang lengkap auditorium serta laboratorium. Laboratorium secara spesifik sebagai berikut:
  • Laboratorium Fakultas:Laboratorium Geologi Umum, Laboratorium Mikroskop Geologi, Laboratorium Petrofisika dan Fluida Reservoir, Laboratorium Pengeboran, Laboratorium Seismik, Laboratorium Non-Seismik  serta laboratorium fakultas lainnya.
  • Laboratorium Universitas: Laboratorium Fisika Dasar, Laboratorium Kimia Dasar, Laboratorium Bahasa dan Laboratorium Kimia Terintegrasi.

Selain itu dalam Kompleks Universitas Pertamina terdapat lapangan sepak bola, lapangan indoor dan kolam renang yang dapat digunakan utamanya oleh anggota aktif UKM. Tak lupa terdapat Hotel yang dapat ditempati apabila keluarga kalian tidak memiliki tempat untuk menginap saat mengunjungi kalian.

Program Studi (Jurusan Universitas Pertamina)

Program studi atau  Jurusan di Universitas Pertamina  yang bisa kalian Daftar Ada 15 yang terbagi dari 5 fakultas untuk Strata 1, sebagai berikut:

  1. Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, dengan Program Studi (Jurusan): Teknik Geologi, Teknik Geofisika, dan Teknik Perminyakan
  2. Fakultas Teknologi Industri, dengan Program Studi (Jurusan): Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Logistik
  3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dengan Program Studi (Jurusan): Manajemen dan Ekonomi
  4. Fakultas Perencanaan Infrastruktur, dengan Program Studi (Jurusan): Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan
  5. Fakultas Sains dan Ilmu Komputer, dengan Program Studi (Jurusan): Kimia dan Ilmu Komputer
  6. Fakultas Komunikasi dan Diplomasi, dengan Program Studi (Jurusan): Hubungan Internasional dan Komunikasi

Adapun kurikulum program studi diatur agar berioretasi ENERGI untuk mencapai Visi Universitas Pertamina yaitu Menjadi Universitas Kelas Dunia (World Class University) di bidang Energi paling lambat tahun 2035.


Himpunan Program Studi

Kegiatan Himpunan
Gambar 2. Kegiatan Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan

Untuk melatih pengembangan keorganisasian mahasiswa setiap program studi memiliki Himpunan. Himpunan program studi merupakan tempat untuk mengasah kemampunan mahasiswa dalam bidang keahlian himpunan tersebut dan aktualiasisi diri mahasiswa dalam lingkup jurusan atau kemahasiswaan.

Unit Kegiatan Mahasiswa

Agar menambah dan mengembangkan bakat mahasiswa diluar jam regular kuliah terdapat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bisa kalian ikut diluar dari himpunan program studi. UKM di Universitas Pertamina terbagi dari 4 kategori, antara lain: 

Unik Kegiatan Mahasiswa Pertamina

Gambar 3. Unit Kegiatan Mahasiswa

Kuliah Tamu dan UPbringing

Kuliah Tamu Pertamina
Gambar 4. Kuliah Tamu HSSE PT PERTAMINA (PERSERO)

Untuk menambah referensi mahasiswa mengenai materi perkuliahan, program studi khususnya mata kuliah yang dipelajari mahasiswa mengundang Akademisi dan Praktisi dari luar kampus untuk memberikan materi. Pemateri yang diundang biasanya dari industri seperti PERTAMINA serta Lembaga Pemerintah yaitu Kementrian. Skala dari kuliah tamu pesertanya adalah dari program studi utamanya mata kuliah yang diajarkan.

UPbringin Pertamina

Gambar 5. Pemateri UPbringin: Direktur Pengolahan PT PERTAMINA (Persero)

Selain kuliah tamu, Universitas Pertamina juga melaksanakan UPbringing. UPbringing merupakan kegiatan seminar yang diisi oleh Akademisi, Praktisi dan Politisi yang kompeten dibidangnya. Cakupan dari UPbringin adalah dapat diikuti oleh seluruh Civitas Akademika Universitas Pertamina. 

Kuliah Lapangan dan Industri

Bendungan Jati Luhur
Gambar 6. Kuliah Lapangan ke Bendungan Jatiluhur

Kunjungan Lapangan dan Industri berguna untuk melihat langsung apa yang akan dihadapi oleh mahasiswa ketika akhirnya terjung ke dunia kerja. Oleh karena itu tiap program studi di Universitas Pertamina melakukan kegiatan ini tiap semesternya. Adapun yang sering dikunjungi adalah perusahaan Minyak dan Gas seperti PERTAMINA dan HALLIBURTON serta perusahaan lainnya sesuai dengan materi kuliah program studi.

Study Abroad

Jasso Pertamina
Gambar 7. UP-SA Goes to Japan

Universitas Pertamina telah banyak bekerja sama dengan kampus luar negeri. Dengan kerjasama ini, sebagai mahasiswa kampus ini bisa ikut merasakan kuliah diluar negeri. Adapun yang telah diseleggarakan adalah Study Abroad di Malaysia, Taiwan, Jepang, Kazakhstan bahkan eropa seperti Perancis dan Belanda. Universitas yang dituju seperti Toyohashi University of Technology, National Institute of Technology Akashi Collecge dan IÉSEG School of Management.

Beasiswa

Untuk biaya kuliah kalian tidak usah khawatir, karena di Universitas Pertamina terdapat banyak beasiswa buat kalian, yaitu antara lain:

  1. Beasiswa Undangan: Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang mendapatkan undangan dari pihak Universitas Pertamina dan mendapatkan bebas biaya kuliah serta uang tiap bulannya. 
  2. Beasiswa Ekonomi: Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi. Besaran beasiswa bergantung dari kondisi ekonomi penerima.
  3. Beasiswa Aperti: Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa Universitas yang berada dibawah naungan Aliansi Perguruan Tinggi BUMN
  4. Beasiswa Unggulan Semester: Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki track-record yang baik dari segi akademik dan non-akademik selama satu semester.
  5. Beasiswa Sobat Bumi: Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2020 merupakan apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi secara akademik, aktif dalam organisasi atau kegiatan sosial-kemasyarakatan, memiliki kepedulian terhadap lingkungan, dan mengikuti pendidikan di kampus mitra Pertamina Foundation.
  6. Beasiswa Bantuan Belajar Ikatan Orangtua Mahasiswa (IOM): Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa Universitas Pertamina yang kurang mampu secara ekonomi namun berprestasi.

Selain Beasiswa diatas masih terdapat banyak beasiswa yang bisa kalian dapatkan, intinya selama kalian pikir wajar untuk menerima beasiswa dari segi akademik maupun non-akademik sangat banyak beasiswa yang menanti kalian.


Selain itu berikut keunggulan kalian harus kuliah di UNIVERSITAS PERTAMINA:

  1. Kurikulum dan proses pembelajaran dirancang untuk menanamkan kemampuan berpikir secara kritis dan kemampuan menyelesaikan masalah kompleks melalui tugas dan proyek terkait dengan teknologi dan bisnis energi.
  2. Lingkungan pembelajaran akan menanamkan karakter kepada mahasiswa melalui tugas dan proyek terkait dengan teknologi dan bisnis energi.
  3. Lingkungan pembelajaran akan menanamkan karakter melalui enam nilai moral yang memadu sivitas akademik dalam bersikap, yaitu: Spirituality, Integrity, Excellence, Profesionalism, Global Mindset, dan Social Responsibility.
  4. Dalam menghadapi MES (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dan menuju World Class University, Universitas Pertamina akan menggunakan sistem pembelajaran bilingual (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris). Di tahun kedua, kegiatan belajar mengajar akan menggunakan Bahasa Inggris.
  5. Universitas Pertamina didukung oleh staf pengajar dari berbagai lulusan perguruan tinggi terkemuka dalam dan luar negeri.
  6. Universitas Pertamina menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran terbaik bagi para mahasiswa.
  7.  Lulusan terbaik memiliki kesempatan untuk bergabung dengan PT Pertamina (Persero).

Semoga dengan tulisan ini bisa menjadi referensi untuk memilih dimana kalian menuntun ilmu. Apabila ada informasi yang ingin kalian tahu, Silahkan Tanyakan di Komentar 😉




 


Related Posts
Ahmad Amiruddin
Saat ini mengambil jurusan Teknik Lingkungan di Universitas Pertamina. Seorang yang sangat menyukai membahas isu-isu yang ada di masyarakat utamanya mengenai masalah lingkungan. Selain mengenai lingkungan, juga tertarik dengan platform minyak dan gas serta desain. "VI VERI VENI VERSUM VIVUS VICI"

Related Posts

2 komentar