SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

PENGERTIAN DAN DEFINISI EKOSISTEM

PENGERTIAN DAN DEFINISI EKOSISTEM

Ekosistem adalah, Pengertian Ekosistem, Contoh Ekosistem
SALAM LESTARI !!!
Didalam ekosistem, kehidupan organisme yang ada dilingkungan saling berkaitan memberikan efek timbal balik. Interaksi timbal balik ini kemudian disebut sistem ekologi/ekosistem, dengan kata lain Ekologi/Ekosistem adalah sebuah proses interaksi organisme hidup dengan lingkungannya. Lingkungan disini berupa lingkungan abiotik dan biotik. Proses interaksi ini meliputi  rantai makanan, siklus biogeokimiawi hingga aliran energi.

Pengertian Ekosistem, Definisi Ekosistem, Ekologis, Ekologi, Ekologi adalah, Ekologis adalah
Gambar Aliran Energi

Energi disalurkan dari satu komponen ke komponen lain pada rantai makanan. Dapat dilihat bahwa semakin keci energi yang diterima tingkat trofik selanjutnya. Energi yang tersisa digunakan untuk aktivitas hidup dan sisanya terbuang.

Ekosistem dapat diartikan sebagai suatu satuan lingkungan yang melibatkan unsur biotik (makhluk hidup), factor fisik (iklim, cuaca, tanah dan air) serta kimia (keasaman) yang saling beriteraksi satu sama lain. Gatra sebagai ciri ekosistem digunakan: 
  • Energetika (Tediri dari Taraf trofi atau makanan, Taraf produsen, Taraf konsumen dan Taraf redusen)
  • Pendauran Hara (Peran pelaksana taraf trofi)
  • Produktivitas (Merupakan Hasil keseluruhan sistem).
Related Posts
Ahmad Amiruddin
Saat ini mengambil jurusan Teknik Lingkungan di Universitas Pertamina. Seorang yang sangat menyukai membahas isu-isu yang ada di masyarakat utamanya mengenai masalah lingkungan. Selain mengenai lingkungan, juga tertarik dengan platform minyak dan gas serta desain. "VI VERI VENI VERSUM VIVUS VICI"

Related Posts

Posting Komentar