-->

Cincopa Gallery

...
SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

TIPS MENENTUKAN ESKUL (EKSTRAKURIKULER) KAMU DAN MANFAATNYA

TIPS MENENTUKAN ESKUL (EKSTRAKURIKULER) KAMU DAN MANFAATNYA


Tahu tidak, selain akademik, nonakademik pun tak kalah pentingnya untuk mencapai keberhasilan? Terlebih di era modern yang dikenal dengan era 4.0 ini. Karena orang-orang tidak hanya melihat IQ, tetapi yang terpenting adalah skill, khususnya soft skill.

Soft skill adalah istilah sosiologis yang berkaitan dengan kecerdasan emosional, sifat kepribadian, keterampilan sosial, komunikasi, berbahasa, kebiasaan pribadi, keramahan, dan optimisme yang mencirikan kemampuan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain.

So, sukses itu tidak hanya belajar akademik saja, tapi yang paling penting kita punya skill yang baik. Orang yang pintar tetapi tidak memiliki kemampuan lebih atau soft skill akan kalah dengan orang yang kepintarannya biasa saja tetapi memiliki soft skill yang tinggi. Sebab, di era ini orang yang memiliki soft skill yang baik jauh lebih dibutuhkan dalam pekerjaan atau mensukseskan suatu perusahaan.

Soft skill tidak didapat dengan belajar di kelas saja, tetapi melalui latihan, kegiatan khusus, dan tentunya pembiasaan diri. Di sekolah, kita bisa melatih soft skill dengan mengikuti Ekstrakurikuler. Salah satu tujuan Ekskul adalah mengembangkan soft skill.

Ekskul penting untuk tumbuh kembang kita dari kecil, sekolah, bahkan sampai kuliah. Dengan mengikuti Ekskul kita bisa mengembangkan potensi dan memunculkan bakat terpendam serta menemukan jati diri.

Karena itu, sebagai generasi muda kita perlu mengikuti Ekskul untuk mengembangkan skill agar menjadi generasi muda yang bermutu dan berkualitas.

1. Cara Menentukan Ekskul yang Cocok

Untuk kamu yang masih bingung mau ikut ekskul apa, ada beberapa tips untuk memilih ekskul yang tepat:
  • Mencari informasi mengenai ekskul-ekskul yang kamu inginkan

Langkah awal yang paling baik saat baru memulai mengikuti Ekskul untuk bisa menentukan bakat dan minat kita yaitu dengan mencari informasi mengenai ekskul yang kamu inginkan. Bisa lewat internet maupun dengan bertanya langsung kepada senior atau kakak kelas yang sudah bergabung dalam Ekskul tersebut.

  • Coba ekskul yang berbeda dan temukan yang tepat denganmu

Jangan ragu atau malu, tidak ada salahnya mencoba. Ada banyak pilihan ekskul yang bisa dicoba, diantaranya: KIR, GATES (English Club), Silat, Remaja Mushollah, Pramuka, PMR, Basket, Seni, Elektronika, Jurnalistik dan lain-lain.

Kamu bisa mencoba dengan mengikuti pertemuan pertama untuk melihat apakah ekskul tersebut sesuai dengan yang kamu inginkan atau tidak.

  • Tidak ikut-ikutan teman ketika memilih ekskul

Jadi,  kita perlu mencoba berbagai ekskul untuk menentukan mana yang cocok dengan kita, lantas bisa kita latih agar terus berkembang. Ingat! Pilih yang cocok dengan kita dan jangan ikut-ikutan teman karena passion teman belum tentu passion kita juga.

  •  Bergabung dengan ekskul yang sesuai kebutuhan atau kesukaan kamu

Setelah mencoba berbagai pastikan Ekskul yang kita pilih itu kita sukai. Hal yang tak kalah pentingnya, pahami secara mendalam bakat yang kita miliki agar dapat dikembangkan. Setelah menemukan skill dan merasa nyaman dengan Ekskul, fokus pada bidang itu.

Selanjutnya, latih diri dengan sungguh-sungguh dan buat gold dengan mengikuti perlombaan untuk mencetak prestasi. Misalnya KIR, buat gold “Tahun 2020 menang lomba OPSI dan pergi ke Amerika” atau gold untuk Pramuka “Bisa ikut jambore nasional”.

2. Manfaat Ekstrakurikuler

Bergabung kegiatan Ekstrakurikuler dapat menghilangkan rasa bosan. Bayangkan, di sekolah kita sudah masuk mulai jam 7 pagi sampai jam 3 sore. Akan sangat bosan kalau tidak ada kegiatan lain. Ekskul dapat menghapus kejenuhan dan kelelahan belajar seharian. Kita bisa menemukan keseruan dengan bertemu teman baru, pembelajaran baru, dan juga suasana baru ketika mengikuti kegiatan di luar sekolah. Seperti kegiatan jambore dalam Pramuka, pertandingan basket di lapangan luar sekolah atau di sekolah lain, mewakili sekolah mengikuti perlombaan tingkat kabupaten bahkan sampai tingkat internasional, dan lain-lain sehingga memberi kesan dan pengalaman baru.

Lebih dari itu, Ekskul bukan hanya tempat menyalurkan hobi dan belajar materi, tetapi juga menjadi tempat untuk melatih dan mengembangkan soft skill (kerja sama, kerja keras, komunikasi, dll). Selain itu, Ekskul membantu memperbaiki kekurangan dan membantu menggali kelebihan diri yang baru. Menumbuhkan nilai-nilai karakter seperti religius, nasionalisme, integritas, gotong royong, dan mandiri.

Maka dari itu, saya yakin dengan latihan dan pengembangan soft skill atau non akademik, terutama untuk anak remaja, akan lahir generasi-generasi unggul yang bisa bersaing secara global di masa yang akan datang. Generasi unggul yang memiliki kemandirian, kreativitas, dan berjiwa kepemimpinan serta memiliki rasa kepedulian terhadap saudara sebangsa secara khusus dan perkembangan negara secara umum.

Jangan lupa buatlah tujuan untuk mencapai pretasi di ekskul-mu, ya! J

Author: Nurfadillah Ham 

Nurfadillah Ham, gadis ambisius kelahiran Pinrang. Mulai menekuni dunia kepenulisan sejak SMA. Orang tua adalah motivasi terbesarnya. Pernah memperoleh beasiswa kepenulisan ke Singapura oleh ESEYM (Event Student Exchange & Youth Movement). Juara 2 Lomba Esai Nasional Muslim Youth Competition oleh Universitas Islam Indonesia. Telah menerbitkan cerpen berjudul "Aku bukan Teroris!" di Koran Fajar dan beberapa dapat dijumpai di beberapa media lainnya.





Related Posts
Ahmad Amiruddin
Saat ini mengambil jurusan Teknik Lingkungan di Institut Teknologi Bandung. Seorang yang sangat menyukai membahas isu-isu yang ada di masyarakat utamanya mengenai masalah lingkungan. Selain mengenai lingkungan, juga tertarik dengan platform minyak dan gas, Desain serta Menulis. "VI VERI VENI VERSUM VIVUS VICI"

Related Posts

Posting Komentar