-->

Cincopa Gallery

...
SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

4 AKSI CERDAS UNTUK MENCAPAI RESOLUSI HIDUP

4 TIPS MENCAPAI RESOLUSI HIDUP


Tentunya setiap orang memiliki impian dan memiliki cara masing-masing untuk meraihnya. Namun, apakah aksi yang mereka lakukan cukup untuk mewujudkannya? Sebagian orang memiliki aksi yang luar biasa sehingga bisa mewujudkannya, akan tetapi sebagian lainnya hanya memiliki aksi yang biasa-biasa saja sehingga hasilnya pun tidak di luar dugaan.

Maka hal yang harus dilakukan adalah optimis, percaya diri, pantang menyerah, dan melakukan aksi cerdas. Apa sih aksi cerdas itu? Aksi cerdas merupakan usaha yang dilakukan dengan belajar dari pengalaman orang-orang hebat untuk mencapai keberhasilan. Ada 4 aksi cerdas yang dapat diterapkan, diantaranya:

  • MEMIKIRKAN HAL-HAL MENARIK DALAM HIDUP

Setiap orang memiliki hobi dan kegemaran. Biasanya kesuksesan seseorang diawali dari hobi dan kegemaran. Untuk itu, kita perlu memahami diri sendiri untuk mengetahui hobi dan kegemaran kita. Setelah mengetahui apa yang disukai dalam hidup, tentu kita akan punya tujuan atau yang disebut juga Gold. Nah, dari hal-hal menarik seperti inilah kita bisa menemukan jati diri dan mengembangkan bakat.

  • MENGATUR JADWAL DAN MEMBUAT LIST GOLD YANG INGIN DICAPAI

Setelah tahu bakat atau bidang yang dimiliki dan dikuasai, mari mencoba untuk memanajemen waktu dengan mengatur jadwal harian. Maksudnya, membuat poin-poin untuk aktivitas-aktivitas yang akan dilakukan setiap hari, bahkan setiap jam. Dari situ, kita bisa memanfaatkan waktu dengan baik dan tidak ada yang terbuang sia-sia.

Selanjutnya, menuliskan Gold dalam bentuk list di buku kecil atau dalam bentuk catatan yang ditempel di dinding kamar agar bisa terus dilihat dan memberikan motivasi untuk diri sendiri bahwa kita memiliki tujuan yang mesti dicapai. Sehingga, kita punya semangat untuk melakukan usaha meraih Gold tersebut.

  • MELAKUKAN PROSES

Hasil butuh proses sama halnya hidup butuh udara. Jika tidak ada proses atau usaha yang dilakukan maka pasti tidak ada sesuatu yang bergerak. Maka, hal yang paling penting dalam mencapai target atau resolusi adalah melakukan usaha yang maksimal. Karena, jika hanya setengah-setengah maka hasilnya pun akan setengah-setengah pula, harus diimbangi. Jadi, untuk mencapai resolusi membutuhkan proses. Untuk bisa menikmati proses dalam hidup, kita perlu banyak bersyukur, berdoa, ikhlas, dan tekun dalam bekerja.

  • MENGGAPAI IMPIAN

Setelah menjalani banyak proses, melewati banyak hambatan dan rintangan barulah saatnya menggapai impian. Mengapa mesti banyak? Karena “menggapai” berarti mendapat sesuatu yang tinggi atau jauh. Sama halnya ketika ingin menggapai puncak tertinggi suatu bangunan, kita perlu melewati anak tangga. Semakin tinggi yang ingin digapai, semakin banyak pula anak tangga yang mesti kita lewati. Seperti itulah hidup. Jadi, kita harus belajar dengan menjadikan setiap kegagalan sebagai anak tangga yang bisa membantu kita untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi.

Mari pikirkan resolusi hidup mulai dari sekarang, atur jadwal dan list gold, lakukan usaha dan nikmati tiap prosesnya, maka kita sendiri akan takjub dengan melihat hasil yang luar biasa.

Author: Nurfadillah Ham 

Nurfadillah Ham, gadis ambisius kelahiran Pinrang. Mulai menekuni dunia kepenulisan sejak SMA. Orang tua adalah motivasi terbesarnya. Pernah memperoleh beasiswa kepenulisan ke Singapura oleh ESEYM (Event Student Exchange & Youth Movement). Juara 2 Lomba Esai Nasional Muslim Youth Competition oleh Universitas Islam Indonesia. Telah menerbitkan cerpen berjudul "Aku bukan Teroris!" di Koran Fajar dan beberapa dapat dijumpai di beberapa media lainnya.



Related Posts
Ahmad Amiruddin
Saat ini mengambil jurusan Teknik Lingkungan di Institut Teknologi Bandung. Seorang yang sangat menyukai membahas isu-isu yang ada di masyarakat utamanya mengenai masalah lingkungan. Selain mengenai lingkungan, juga tertarik dengan platform minyak dan gas, Desain serta Menulis. "VI VERI VENI VERSUM VIVUS VICI"

Related Posts

Posting Komentar