SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

HARI LINGKUNGAN HIDUP DUNIA: SEJARAH, TUJUAN DAN MANFAATNYA

HARI LINGKUNGAN HIDUP DUNIA SEJARAH TUJUAN DAN MANFAATNYA

  • Hari Lingkungan Hidup Sedunia: Sejarah

Sejak 1974, Hari Lingkungan Hidup Sedunia telah mulai dirayakan sebagai acara tahunan pada tanggal 5 Juni untuk mengangkat pentingnya lingkungan yang sehat dan hijau dalam kehidupan manusia, untuk memecahkan masalah lingkungan dengan menerapkan beberapa tindakan lingkungan yang positif oleh pemerintah, organisasi dan individu secara keseluruhan.

Ada titik balik pada tahun 1972, perkembangan politik lingkungan internasional yang merupakan konferensi besar pertama tentang isu-isu lingkungan diselenggarakan dibawah naungan PBB 5-16 Juni yang diselanggarakan di Stockholm, oleh karena itu konferensi ini dikenal juga sebagai Konferensi Stockholm. Tujuannya adalah untuk secara umum melihat tantangan dalam melestarikan dan meningkatkan lingkungan manusia. Kemudian, pada 15 Desember di tahun yang sama, Majelis Umum mengadopsi resolusi yang menetapkan 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Selanjutnya, resolusi lain diadopsi oleh Majelis Umum pada tanggal 15 Desember yang mengarah pada pembentukan Program Lingkungan PBB (UNEP atau United Nations Environment Programme). Hari Lingkungan Dunia Pertama Kali dirayakan pada tahun 1974 dengan slogan "ONLY ONE EARTH". 

  • Mengapa Hari Lingkungan Hidup Sedunia dirayakan?
Penting untuk mengatasi masalah lingkungan seperti penggundulan hutan, peningkatan pemanasan global, pemborosan dan kehilangan makanan, polusi dan lain-lain. Di seluruh dunia, beberapa kampanye diselenggarakan dengan tema dan slogan tertentu untuk membawa efektivitas di seluruh dunia.

Adapun tahun ini, Hari Lingkungan Dunia 5 Juni 2020  bertemakan Keanekaragaman Hayati, selain itu tetap memperhatikan isu-isu lingkungan agar emisi karbon dapat dikurangi, mengurangi efek rumah kaca, berfokus pada pengelolaan hutan, penanaman di lahan terdegradasi, produksi energi melalui sumber tenaga surya, mempromosikan terumbu karang dan bakau, mengembangkan sistem drainase baru, solusi sampah plastik dan lain-lain.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Ellen McArthur Foundation pada tahun 2015 mengatakan bahwa sekitar 6,3 miliar ton limbah plastik telah dihasilkan di dunia sejauh ini, dan sekitar 90% dari itu tidak akan terurai setidaknya 500 tahun. Mikro-plastik atau pecahan kecil telah ditemukan di tanah, air leding, air kemasan dan bahkan di udara yang kita hirup.

  • Tujuan di balik merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

  1. Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati untuk menyebarkan kesadaran di antara masyarakat awam tentang masalah lingkungan.
  2. Mendorong masyarakat biasa dari berbagai masyarakat dan komunitas untuk berpartisipasi aktif dalam perayaan tersebut serta menjadi agen aktif dalam mengembangkan langkah-langkah keamanan/kelestarian lingkungan.
  3. Mendorong masyarakat untuk membuat lingkungan sekitar mereka aman dan bersih untuk menikmati masa depan yang lebih aman, bersih dan lebih sejahtera.
Sebagai penutup, berikut pertanyaan seputar Hari Lingkungan yang harus kamu jawab, sebagai pengetahuan umum untuk kamu:

1. Hari Lingkungan Dunia pertama diadakan pada tahun?
A. 1971
B. 1974
C. 1976
D. 1978
Ans. B

2. Apa tema Hari Lingkungan Dunia 2020?
A. Air Pollution (Polusi Udara)
B. Seven Billion People. One Planet. Consume with Care.
C. Raise Your Voice Not the Sea Level 
D. Biodiversity

3. Tema Hari Lingkungan Dunia 2028 dimana India menjadi tuan rumah?
A. Beat Plastic Pollution
B. I'm with nature
C. Think.Eat.Save
D. Green Economy: Does it Include You?

4. Negara Tuan Rumah Hari Lingkungan Dunia 2020?
A. Kolombia
B. Mongolia
C. Cina
D. Kanada

5. Kapan konferensi besar pertama tentang isu-isu lingkungan di bawah PBB diadakan?
A. 1970
B. 1971
C. 1972 
D. 1973

6. Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati untuk pertama kalinya di bawah tema?
A. Only One Future for Our Children
B. Only One Earth
C. A Tree for Peace
D. Gift to the Earth


Related Posts
Ahmad Amiruddin
Saat ini mengambil jurusan Teknik Lingkungan di Universitas Pertamina. Seorang yang sangat menyukai membahas isu-isu yang ada di masyarakat utamanya mengenai masalah lingkungan. Selain mengenai lingkungan, juga tertarik dengan platform minyak dan gas serta desain. "VI VERI VENI VERSUM VIVUS VICI"

Related Posts

Posting Komentar