SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

5 KUNCI SUKSES MENURUT ISLAM

5 KUNCI SUKSES MENURUT ISLAM


Siapa yang tidak ingin sukses dunia dan akhirat? Tentunya sukses dunia dan akhirat merupakan harapan setiap muslim. Namun, dapat kita lihat di kehidupan sehari-hari banyak orang yang hanya mengejar kesuksesan dunia yang tidak abadi, sehingga lupa akan akhirat yang merupakan tujuan hidup sesungguhnya.

Nah, disini penulis akan memberikan tips atau kunci menjadi orang yang sukses di dunia maupun akhirat menurut Islam.

1. MELURUSKAN NIAT

“Segala sesuatu tergantung dari niat”

Pesan itu kerap kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, maksudnya jika niat kita baik maka hasilnya pun juga baik, dan sebaliknya. Niat menjadi cerminan dari apa yang ingin kita lakukan. Jadi jika kita ingin sukses maka luruskan niat dalam hati bahwa kita ingin sukses dunia akhirat. Setelah meluruskan niat, kemauan kita akan mengikutinya. Sehingga kita akan mudah untuk menjadi orang yang sukses.

2. MEMPERBAIKI DIRI

Memperbaiki diri secara terus menerus menjadi faktor yang akan membentuk seseorang mencapai kesuksesan. Mulailah dengan membiasakan untuk berbuat baik dan mendekatkan diri  kepada Allah (bertaubat). Apabila kita telah mendekatkan diri kepada-Nya, maka dengan sendirinya  perubahan peningkatan diri kita akan terus terlihat.

3. BERUSAHA

Dalam mencapai sesuatu selalu membutuhkan usaha. Salah satu usaha untuk mencapai kesuksesan adalah dengan menuntut ilmu.  Dengan ilmu kita akan lebih mudah mengerti seseuatu dan berusaha dibidang yang kita kuasai. Seperti yang kerap kita dengan dikehidupan sehari-hari “Barang siapa menginginkan sukses dunia hendaklah diraihnya dengan ilmu dan barang siapa menginginkan sukses akherat hendaklah diraihnya dengan ilmu, barangsiapa ingin keduanya hendaklah diraih dengan ilmu”

4. MEMPERBANYAK DOA

“Barangsiapa hatinya terbuka untuk berdo’a, maka pintu-pintu rahmat akan dibukakan untuknya. Tidak ada permohonan yang lebih disenangi oleh Allah daripada permohonan orang yang meminta keselamatan. Sesungguhnya do’a bermanfa’at bagi sesuatu yang sedang terjadi dan yang belum terjadi. Dan tidak ada yang bisa menolak taqdir kecuali do’a, maka berpeganglah wahai hamba Allah pada do’a” (HR Turmudzi dan Hakim).

Apabila kita telah berusaha dengan keras sulit akan mencapai kesuksesan jika kita tidak iringi usaha itu dengan berdoa kepada Allah SWT. Doa adalah salah satu sarana seseorang agar lebih dekat kepada Allah SWT. Itulah mengapa doa menjadi sangat penting sebagai kunci sukses umat Islam.

5. SENANTIASA BERSYUKUR

Apapun yang Allah kehendaki, kita harus bersyukur dan berterimakasih pada-Nya. Karena belum tentu yang menurut kita baik, baik dimata Allah, begitupun sebaliknya. Karena sesuatu yang dikehendaki oleh Allah pasti yang terbaik untuk kita. Dan apabila kita senantiasa bersyukur Allah akan menambahkan nikmat-Nya untuk kita.

Menjadi sukses memang tidak mudah, tetapi bukan berarti mustahil untuk mencapainya. Perlu adanya cara dan strategi khusus untuk mencapainya dan jangan mengejar suskes semata karena ingin dipuji atau karena duniawi. Jadilah orang yang sukses yang mampu membanggakan agama, bangsa, keluarga maupun orang-orang yang ada disekitar kita.

Author: Nurfadillah Ham 

Nurfadillah Ham, gadis ambisius kelahiran Pinrang. Mulai menekuni dunia kepenulisan sejak SMA. Orang tua adalah motivasi terbesarnya. Pernah memperoleh beasiswa kepenulisan ke Singapura oleh ESEYM (Event Student Exchange & Youth Movement). Juara 2 Lomba Esai Nasional Muslim Youth Competition oleh Universitas Islam Indonesia. Telah menerbitkan cerpen berjudul "Aku bukan Teroris!" di Koran Fajar dan beberapa dapat dijumpai di beberapa media lainnya.


Related Posts
Ahmad Amiruddin
Saat ini mengambil jurusan Teknik Lingkungan di Universitas Pertamina. Seorang yang sangat menyukai membahas isu-isu yang ada di masyarakat utamanya mengenai masalah lingkungan. Selain mengenai lingkungan, juga tertarik dengan platform minyak dan gas serta desain. "VI VERI VENI VERSUM VIVUS VICI"

Related Posts

Posting Komentar