SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

5 TIPS DAN TRIK CEPAT MENGUASAI BAHASA INGGRIS

5 TIPS DAN TRIK CEPAT MENGUASAI BAHASA INGGRIS BAGI PEMULA

5 TIPS DAN TRIK CEPAT MENGUASAI BAHASA INGGRIS BAGI PEMULA

Berbahasa Inggris sudah menjadi kewajiban kita untuk bercakap dengan dunia luar. Karena, dalam kehidupan sehari-hari kita tidak jauh dari yang namanya Bahasa Inggris.

Tentunya, kita harus mempelajari Bahasa Inggris agar dapat berkomunikasi dengan baik dan benar kepada seluruh kalangan negara. Mengapa demikian? Karena Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional yang kita harus pelajari.

Seperti dalam mata pelajaran di sekolah, pasti ada mata pelajaran Bahasa Inggris, hal ini membuktikan bahwa pentingnya kita belajar Bahasa Inggris.

Setelah menyadari bahwa pentingnya untuk belajar Bahasa Inggris, tentu saja, banyak orang mencari tips belajar agar bisa sukses meraih tujuan yaitu mahir Bahasa Inggris. Namun banyak pelajar berhenti di tengah jalan karena berbagai alasan.

Cara dan Metode Belajar Bahasa Inggris, Lancar bahasa inggris, Kamus bahasa inggris

ALASAN MENGAPA KAMU MALAS BELAJAR BAHASA INGGRIS:

Pertama, mereka merasa kurang percaya diri untuk bicara menggunakan Bahasa Inggris karena takut salah pelafalan dalam mengucapkan kata per kata.

Kedua, mereka menyerah untuk mempelajari Bahasa Inggris karena menurutnya mereka sudah mengikuti berbagai tips dan trik namun tetap tidak berhasil menguasainya.

Ketiga, sebagian orang merasa bahwa Bahasa Inggris sangat sulit untuk dipahami. Terlebih bagi orang Indonesia yang sebagian besar lebih memilih untuk mempelajari Bahasa Melayu karena menurutnya Bahasa Melayu hampir mirip dengan Bahasa Inggris. Akibatnya, mereka kurang mahir dalam berbahasa Inggris.

Keempat, tidak melakukan speaking atau berbicara menggunakan Bahasa Inggris karena tidak ada orang yang bisa mereka ajak untuk speaking, padahal hal ini mereka bisa lakukan sendiri.

Kelima, kurang memotivasi diri sendiri untuk belajar Bahasa Inggris dan ada juga yang sudah memotivasi dirinya namun tidak melakukan aksi dari motivasinya.

Nah, justru hal itu semua tergantung dari semangat dan keyakinan sukses mereka untuk berbahasa Inggris. Karena mereka akan bisa jika biasa berbahasa Inggris. Bahasa Inggris juga merupakan salah satu persyaratan dalam melamar pekerjaan, masuk kuliah, dan lain-lain.

Namun, jangan khawatir, kali ini penulis akan memberikan tips dan trik cepat belajar Bahasa Inggris. Mari kita simak tips dan trik berbahasa Inggris agar lebih percaya diri untuk berbahasa Inggris.

  • BERPIKIR DALAM BAHASA INGGRIS

Berpikir adalah hal yang tidak jauh dari kehidupan sehari-hari kita. Dalam sehari pasti kita melakukan yang namanya berpikir.

Sedangkan, yang dimaksud berpikir dalam Bahasa Inggris contohnya yaitu kalian melihat-lihat sekitar kalian kemudian kalian seakan-akan menceritakan keadaan kamar, lalu kalian berbicara meggunakan Bahasa Inggris dalam menceritakannya.

Seperti “I see in my room there are mirrors, televisions, bed, and others,” yang artinya “Aku melihat di sekitar kamarku terdapat cermin, televisi, kasur dan lain-lain.” Dan hal ini dapat melatih otak kita untuk lebih lancar berbahasa Inggris.

  • BERBICARA DENGAN ORANG YANG LEBIH MAHIR BERBAHASA INGGRIS

Maksudnya adalah perbanyak latihan berbicara dengan orang-orang di sekitar kita yang jauh berpengalaman di bidang Bahasa Inggris dibanding kita.

Bisa saja orangnya adalah seorang guru Bahasa Inggris, seorang tutor, bahkan teman kita sendiri. Siapapun mereka yang penting jago dalam berbahasa Inggris.

Dan yang terpenting adalah jangan malu atau jangan takut salah dalam menggunakan Bahasa Inggris karena ituah salah satu langkah agar kalian bisa menguasai Bahasa Inggris.

  • MENGGUNAKAN SUBTITLE BAHASA INGGRIS SAAT MENONTON FILM 

Penggunaan subtitle Bahasa Inggris saat menonton film sangatlah efektif untuk menguasai Bahasa Inggris.

 

Karena secara tidak langsung apa yang dibicarakan oleh pemeran yang berda di film akan terpikirkan oleh kita.

 

Dan apabila ada kata dalam Bahasa Inggris yang kita kurang mengerti, kita menjadi penasaran dan mencari arti kata tersebut dalam kamus penerjemah baik itu digital maupun non-digital.

  • MENGUBAH SEMUA HAL DALAM BAHASA INGGRIS

Maksud dari hal ini adalah apabila kita mempunyai handphone yang aturan bahasanya menggunakan Bahasa Indonesia, kita bisa mengubahnya ke dalam Bahasa Inggris agar mempermudah kita dalam menguasai Bahasa Inggris.

Hal ini sangat mudah untuk dilakukan namun sangat efektif bagi kita yang ingin mempelajari Bahasa Inggris.

  • MEMBACA BUKU YANG MENGGUNAKAN BAHASA INGGRIS

Kalian bisa membaca buku yang kalian suka, baik itu komik, novel, maupun ensiklopedia. Asal, buku yang kalian baca mengandung Bahasa Inggris di dalamnya.

Tidak apa jika kita belum mengetahui arti dalam buku tersebut, namun yang terpenting kita jadi tahu susunan kalimat dalam Bahasa Inggris.

Sebaiknya, kita menyiapkan Kamus Bahasa Inggris untuk mempermudah apabila ada kata yang tidak kita mengerti. Dengan begitu Bahasa Inggris dapat lebih mudah untuk dikuasai.

Nah, itulah tadi tips dan trik menguasai Bahasa Inggris dengan cepat. Apabila kita bersungguh-sungguh mempelajarinya, semua itu akan mudah. Lagipula, tidak ada  yang sia-sia dalam belajar semuanya bermanfaat.

Cara dan Metode Belajar Bahasa Inggris, Lancar bahasa inggris, Kamus bahasa inggris

Adapun manfaat Belajar Bahasa Inggris sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kinerja otak kita.
  2. Mempermudah komunikasi kita dengan warga negara lain.
  3. Mempermudah persyaratan pekerjaan yang harus dipenuhi.
  4. Membuat kita lebih percaya diri.
  5. Mewujudkan impian kita dalam mempelajari Bahasa Inggris.

Dan masih banyak sekali manfaat dari menguasai Bahasa Inggris.

Jika keterampilan kalian tak kunjung meningkat, sebaiknya introspeksi diri. Bertanyalah kepada diri sendiri. Bisa jadi ada tips belajar Bahasa Inggris diterapkan dengan sikap kita kurang sesuai. Sikap atau kebiasaan kurang bermanfaat harusnya dihindari atau diperbaiki menjadi sikap positif. Oleh karena itu, mindset “Bahasa Inggris itu mudah” akan terbentuk dan membuatmu semakin semangat.

Author: Nurfadillah Ham 

Nurfadillah Ham, gadis ambisius kelahiran Pinrang. Mulai menekuni dunia kepenulisan sejak SMA. Orang tua adalah motivasi terbesarnya. Pernah memperoleh beasiswa kepenulisan ke Singapura oleh ESEYM (Event Student Exchange & Youth Movement). Juara 2 Lomba Esai Nasional Muslim Youth Competition oleh Universitas Islam Indonesia. Telah menerbitkan cerpen berjudul "Aku bukan Teroris!" di Koran Fajar dan beberapa dapat dijumpai di beberapa media lainnya.


Related Posts
Ahmad Amiruddin
Saat ini mengambil jurusan Teknik Lingkungan di Universitas Pertamina. Seorang yang sangat menyukai membahas isu-isu yang ada di masyarakat utamanya mengenai masalah lingkungan. Selain mengenai lingkungan, juga tertarik dengan platform minyak dan gas serta desain. "VI VERI VENI VERSUM VIVUS VICI"

Related Posts

Posting Komentar