-->

Cincopa Gallery

...
SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

5 TIPS MANAJEMEN WAKTU UNTUK MENDAPATKAN QUALITY TIME

5 TIPS MANAJEMEN WAKTU UNTUK MENDAPATKAN QUALITY TIME

TIPS MANAJEMEN WAKTU MANAJEMEN WAKTU QUALITY TIME MENGATUR WAKTU

Tips mengatur waktu perlu diterapkan sejak dini. Pasalnya, ketika kamu berhasil mengatur waktu dengan baik, maka segala kegiatan dapat dilaksanakan secara optimal dan waktu yang dikeluarkan pun tak habis sia-sia. Proses membagi waktu harus direncanakan serta terkendali secara sadar pada aktivitas yang hendak kita lakukan.

Pada dasarnya, waktu tidak bisa dikelola dengan mudah begitu saja. Perlu upaya dan keyakinan semaksimal mungkin agar aktivitas yang kita lakukan dapat berjalan optimal. Awalnya hanya kegiatan wajib, tetapi akhirnya diperluas yakni mencakup kegiatan pribadi juga. Bagi seorang pelajar, manajemen waktu menjadi kebutuhan dalam setiap proses pembelajaran karena menentukan waktu dan ruang lingkup penyelesaian pembelajaran. 

Penting juga untuk dipahami bahwa perbedaan teknis dan struktural dalam manajemen waktu ada karena variasi dalam konsep budaya ataupun kebiasaan atas tempat kamu tinggal dan beraktivitas. Agar lebih mudah, berikut 5 tips memanajemen waktu dengan optimal:

  • TETAPKAN TUJUAN DENGAN BENAR

    TIPS MANAJEMEN WAKTU, MANAJEMEN WAKTU, QUALITY TIME, MENGATUR WAKTU

Ada cara yang benar dan salah untuk menetapkan tujuan. Jika kamu tidak menetapkan sasaran dengan cara yang benar, maka kamu tidak akan memiliki target tepat yang akan menempa diri untuk fokus pada hal tersebut. Mulailah untuk belajar fokus dari sekarang.

Gunakan metode pengaturan sasaran secara tepat demi membantu kamu melihat semua target dan tujuan ke depan. Ketika hendak menetapkan tujuan-tujuan itu, pastikan kamu memiliki makna mendalam yang kuat untuk mencapainya.

  • TEMUKAN SISTEM MANAJEMEN WAKTU YANG BAIK

    TIPS MANAJEMEN WAKTU, MANAJEMEN WAKTU, QUALITY TIME, MENGATUR WAKTU, TO DO LIST

Salah satu tips untuk mengatur waktu kamu adalah menemukan sistem yang tepat untuk benar-benar melakukannya. Sistem manajemen waktu mungkin adalah cara yang paling efektif. Setiap orang memiliki trik berbeda, sehingga kamu perlu menerapkan upaya kamu sendiri.

Setiap aktivitas yang berbeda, perlu diterapkan secara baik oleh masing-masing individu. Jika kamu adalah seorang pelajar, maka tentukan sistem pembagian waktu yang baik antara rutinitas sekolah dan waktu luang pribadi. Jangan sampai timpang satu sama lain.

  • HILANGKAN KEBIASAAN YANG TIDAK BERMANFAAT

Salah satu pemboros waktu terbesar yang kita miliki adalah melakukan aktivitas yang tidak bermanfaat dengan menuruti keinginan hati untuk terus berada dalam lingkar zona nyaman. Entah menonton film sampai berjam-jam, terlalu banyak berselancar di media sosial, bermain game, dan sebagainya. Terlalu menikmati aktivitas hiburan tersebut mampu menyita waktu berharga yang kita miliki.

Gunakan waktu secara bijak minimal dengan  mengurangi aktivitas tersebut jika kamu serius untuk mencapai tujuan besar dalam hidup. Sadarilah bahwa waktu adalah hal yang berharga dan tidak dapat diulang lagi, jadi jangan sampai kamu menyia-nyiakannya!

  • JANGAN LUPA ISTIRAHAT!

Satu studi menunjukkan bahwa kamu harus bekerja selama 52 menit dan istirahat 17 menit—lakukan hal ini secara berkala. Pengertian istirahat tak harus selalu pergi makan, tidur dan sebagainya, melainkan ambil waktu sejenak untuk berdiam serta menenangkan diri. Selain fisik, menjaga kesehatan pikiran adalah hal penting agar kamu tetap produktif.

  • BUAT TO-DO LIST UNTUK HARI ESOK

    TIPS MANAJEMEN WAKTU, MANAJEMEN WAKTU, QUALITY TIME, MENGATUR WAKTU, TO DO LIST

Setiap malam sebelum tidur, buat daftar untuk hari berikutnya. Lihatlah tujuan yang dapat kamu lakukan untuk membantu mendekatkan diri pada hal-hal tersebut. Lewat to-do list atau daftar kegiatan, kamu secara efektif menetapkan tujuan untuk hari itu. Sasaran harian lebih mudah dicapai sambil membantu menggerakkan kita ke arah yang lebih besar.

Yuk, terapkan tips membagi waktu ini dari sekarang!

 Author: Nurfadillah Ham 

Nurfadillah Ham, gadis ambisius kelahiran Pinrang. Mulai menekuni dunia kepenulisan sejak SMA. Orang tua adalah motivasi terbesarnya. Pernah memperoleh beasiswa kepenulisan ke Singapura oleh ESEYM (Event Student Exchange & Youth Movement). Juara 2 Lomba Esai Nasional Muslim Youth Competition oleh Universitas Islam Indonesia. Telah menerbitkan cerpen berjudul "Aku bukan Teroris!" di Koran Fajar dan beberapa dapat dijumpai di beberapa media lainnya.

 

 

Related Posts
Ahmad Amiruddin
Saat ini mengambil jurusan Teknik Lingkungan di Institut Teknologi Bandung. Seorang yang sangat menyukai membahas isu-isu yang ada di masyarakat utamanya mengenai masalah lingkungan. Selain mengenai lingkungan, juga tertarik dengan platform minyak dan gas, Desain serta Menulis. "VI VERI VENI VERSUM VIVUS VICI"

Related Posts

Posting Komentar