SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

KENAPA DAUR ULANG GELAS KACA SANGAT PENTING UNTUK LINGKUNGAN?

KENAPA DAUR ULANG GELAS KACA SANGAT PENTING UNTUK LINGKUNGAN?

Daur Ulang Kaca, Daur Ulang Gelas Kaca, Daur Ulang, Keuntungan Daur Ulang, Daur Ulang Lingkungan

Gelas Kaca merupakan salahsatu produk yang banyak digunakan oleh masyarakat dunia, karena digunakan pada proses makan/minum. Karena digunakan secara luas, maka produk ini memiliki potensi besar akan menyebabkan pencemaran lingkungan apabila tidak dibuang dengan bijak. Kaca gelas memiliki nilai ekonomis tinggi apabila di daur ulang, dan yang paling penting adalah dapat mengurangi pencemaran yang dihasilkan utamanya pencemaran udara.

  1. Penghematan biaya daur ulang dalam penggunaan energi. Dibandingkan dengan membuat gelas kaca dari bahan baku untuk pertama kali. Jadi kita bisa menghemat energi yang diperlukan untuk melelehkan gelas apabila dibuat dari awal. Bayangkan berapa banyak energi yang dapat dihemat apabia kita mendaur ulang gelas.
  2. Kaca yang dihasilkan dari kaca daur ulang mengurangi polusi udara sebesar 20% dan polusi terhadap air sebesar 50%. Sama dengan penghematan energi, polusi udara dan air dapat dikurangi utamanya pada proses produksi gelas tersebut. Dengan daur ulang tidak perlu lagi ada kegiatan produksi dari nol gelas tersebut.
  3. Kaca daur ulang mengurangi ruang di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) yang banyak terdapat minuman bekas. Dengan daur ulang, kita dapat mengurangi secara dratis kuantitas sampah yang akan menuju ke landfill (TPA).
  4. Kaca dapat didaur ulang berkali-kali tanpa menurunkan kualitasnya, sehingga penggunaan tanpa batas sehingga tidak ada bahan baku lebih lanjut yang perlu digunakan untuk membuat lebih banyak. Jika kita semua mendaur ulang gelas kita, gelas itu bisa terus digunakan selamanya.
  5. Hemat energi dan mengurangi emisi karbon, dengan menggunakan kaca daur ulang - setiap 1.000 ton kaca daur ulang yang dilebur dapat menghemat 314 ton CO2.
  6. Kaca daur ulang memiliki banyak kegunaan komersial: tidak hanya dalam wadah gelas kaca baru, tetapi juga digunakan dalam produk baru misalnya fasad/jendela kaca, ubin dan fiberglass di industri konstruksi.
  7. Kaca daur ulang memungkinkan setiap orang untuk memainkan peran aktif dalam melestarikan lingkungan. Membuat keputusan untuk menggunakan wadah daur ulang untuk mengurangi jumlah sampah yang pergi ke tempat pembuangan sampah adalah langkah pertama untuk peduli lingkungan. Ini juga membantu menciptakan pekerjaan, karena diperkirakan setiap 100.000 ton kaca yang melalui daur ulang menciptakan sekitar 500 pekerjaan.

Dari point-point diatas, sekarang kamu sudah tahukan mengapa Daur Ulang Gelas Kaca sangat penting untuk menjaga lingkungan kita. Oleh karena itu, mari kita menjaga lingkungan kita dengan membuang sampah sesuai dengan karakteristiknya, ini berguna agar dapat memudahkan untuk dipilah dan didaur ulang.



Related Posts
Ahmad Amiruddin
Saat ini mengambil jurusan Teknik Lingkungan di Universitas Pertamina. Seorang yang sangat menyukai membahas isu-isu yang ada di masyarakat utamanya mengenai masalah lingkungan. Selain mengenai lingkungan, juga tertarik dengan platform minyak dan gas serta desain. "VI VERI VENI VERSUM VIVUS VICI"

Related Posts

Posting Komentar