SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

5 TIPS SIMPEL TETAP SEHAT DI ERA NEW NORMAL

5 TIPS SIMPEL TETAP SEHAT DI ERA NEW NORMAL
Saat ini kita sedang berada dalam fase new normal di tengah pandemi COVID-19. Kini masyarakat bisa menjalankan aktivitas di luar rumah setelah tiga bulan lebih diimbau untuk di rumah saja dan menerapkan social distancing.

Akan tetapi, kita harus tetap memerhatikan protokol kesehatan mengingat pandemi yang masih merebak dan vaksin corona belum juga ditemukan. Masyarakat diimbau untuk selalu menggunakan masker saat bepergian keluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun, tetap menjaga jarak sosial, dan menghindari kerumunan.

Selain itu, menjaga kesehatan penting dilakukan agar daya tahan tubuh terjaga dan tidak mudah terserang penyakit. Yuk simak tips berikut!

1. RAJIN BEROLAHRAGA

Rajinlah berolahraga di tengah pandemi ini agar daya tahan tubuh meningkat sehingga tubuh tetap sehat. Kamu bisa meluangkan waktu 30-60 menit setiap hari untuk berolahraga. Karena aktivitas di luar rumah sudah perbolehkan, kamu sebaiknya melakukan olahraga di rumah saja untuk meminimalisir berhubungan sosial dengan banyak orang agar mencegah resiko tertular virus.

Kami bisa melakukan olahraga kecil-kecilan seperti lari santai mengelilingi rumah. Selain olahraga lari, kini banyak sekali yang menawarkan kelas online seperti yoga agar tubuh tidak kaku setelah lama bekerja. Kamu bisa join dan mengikuti tahap-tahapnya.

2. KONSUMSI MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI

Apa yang kita konsumsi sangat penting diperhatikan di tengah pandemi ini sebab makanan bergizi memegang peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Dalam penelitian yang dilansir US National Library of Medicine, 80 persen sel imun ada di saluran pencernaan.

Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung cukup karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral agar kebutuhan asupan gizi kamu tetap terpenuhi. Perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan serat juga. Kamu bisa mengonsumsi suplemen daya tahan tubuh jika perlu untuk menjaga tubuh kamu lebih optimal saat beraktivitas di luar rumah.

Usahakan untuk menghindari pesanan makanan online. Sebab jika memesan makanan dari luar rumah, kita tidak tahu dengan jelas detail kehigenisannya. Untuk itu, sebaiknya masaklah makanan sendiri di rumah.

3. LAKUKAN REFRESHING

Dilansir US National Library of Medicine, stres dapat memberikan efek buruk pada sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan sakit. Menjalankan kembali aktivitas di tengah pandemi bisa membuat siapa saja mengalami stres karena pengaruh tekanan batin yang berbeda dari semula.

Maka dari itu, alokasikan setidaknya sedikit waktumu untuk refreshing dengan melakukan hal-hal yang bisa membuatmu merasa happy, misalnya saja dengan mendengarkan musik relaksasi atau membaca buku favorit seperti novel dan lainnya. Hal ini dapat menjaga kesehatan mental kamu sehingga juga efisien memberikan efek positif terhadap sistem kekebalan tubuh.


4. PERHATIKAN KEBERSIHAN

Kebersihan tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan terutama pada masa-masa sekarang ini. Tubuh bisa tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit bila kita menjaga kebersihan. Usahakan mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin, terutama ketika habis beraktivitas di luar rumah. Kamu bisa menggunakan sabun apa saja yang dapat membunuh kuman.

WHO dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyarankan masyarakat Indonesia untuk sering mencuci tangan menggunakan sabun anti-bakteri. Saat tidak menemukan air, kamu dapat menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol 70 persen dan moisturizer.

Tidak hanya kebersihan diri, tetapi kebersihan benda dan peralatan di sekitar kita pun perlu dan sangat penting untuk diperhatikan. Jika perlu kamu juga bisa menyemprotkan cairan antiseptik pada benda-benda yang sering tersentuh seperti gagang pintu, saklar lampu, dan keran air.
Satu lagi, jangan lupa untuk selalu mengenakan masker saat berpergian keluar rumah yah agar mulut dan hidung kita bisa terjaga.

5. ISTIRAHAT YANG CUKUP

Bagi kesehatan, istirahat berperan sama pentingnya dengan makanan dan olahraga. Hal tersebut dikarenakan tidur bisa menjaga daya tahan tubuh sebab membantu memaksimalkan metabolisme tubuh.

Dr. Diana menyarankan kita untuk tidur minimal 6-8 jam setiap harinya. Dengan durasi tidur yang cukup, badan pun bisa merasakan sensasi lebih segar saat bangun. Itu membuktikan bahwa tidur yang cukup memberi pengaruh baik bagi kesehatan. Oleh sebab itu, usahakan agar tidur kamu tidak kurang dari durasi minimal yang baik dan jangan membiasakan begadang hingga larut malam agar tubuh kamu tetap fit dan sehat.

Mulai sekarang, yuk jaga daya tahan tubuh agar tetap sehat di era new normal ini dengan menerapkan 5 tips di atas!

Related Posts
Nurfadillah Ham
Gadis ambisius kelahiran Pinrang. Mulai menekuni dunia kepenulisan sejak SMA. Orang tua adalah motivasi terbesarnya. Pernah memperoleh beasiswa kepenulisan ke Singapura oleh ESEYM (Event Student Exchange & Youth Movement). Juara 2 Lomba Esai Nasional Muslim Youth Competition oleh Universitas Islam Indonesia. Telah menerbitkan cerpen berjudul "Aku bukan Teroris!" di Koran Fajar dan beberapa tulisannya dapat dijumpai di beberapa media lainnya.

Related Posts

Posting Komentar