SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

6 TIPS JITU LOLOS SBMPTN SELAIN BELAJAR


6 TIPS JITU LOLOS SBMPTN SELAIN BELAJAR

Eitts, SBMPTN sudah sangat dekat nih! Apakah teman-teman sudah siap menghadapinya? Karena kita sibuk dengan pembelajaran online dan berbagai aktivitas lainnya selama tinggal di rumah, UTBK dan SBMPTN hampir di depan mata jadi tak terasa. Lantas, sudah sejauh mana kamu sudah mempersiapkan diri?

Tidak dipungkiri bahwa untuk bisa lolos SNMPTN belajar saja tidak cukup. Nih, ada tips jitu lolos SBMPTN buat kamu yang akan menghadapi UTBK nantinya:

1. PASTIKAN TIDAK KEKURANGAN INFORMASI

Sebelum benar-benar menghadapi ujian, kita perlu mengumpulkan informasi sedetail dan sebanyak mungkin seputar UTBK tahun ini. Karena untuk mengikuti SBMPTN kita perlu lolos tesnya dulu yakni UTBK. Lagipula, aturan mengenai UTBK belum pasti sama dengan tahun sebelumnya. Bahkan bisa jadi, ada aturan baru yang belum pernah ada di tahun-tahun sebelumnya mengingat kondisi Pandemi Covid-19 yang menimpa dunia saat ini.

Adapun informasi-informasi penting yang kamu tidak boleh ketinggalan diantaranya: Jadwal dan rangkaian SBMPTN, sistematika penilaian ujian, berbagai perubahan sistem jika ada, dokumen apa saja yang diperlukan baik untuk pendaftaran maupun selama pelaksanaan ujian, serta informasi penyelenggaraan UTBK (tempat, waktu, biaya, dan lainnya).

Jangan sampai teledor memastikan hal-hal detail seperti ini yah! Coba bayangkan, akan sangat disayangkan jika sampai tidak diperbolehkan memasuki ruang ujian hanya karena ketinggalan kartu peserta, misalnya.

2. PERHATIKAN NILAI RATA-RATA UTBK DALAM MENENTUKAN JURUSAN

Usahakan nilai kamu di atas rata-rata dalam menentukan jurusan apapun maupun PTN manapun yang akan kamu pilih dalam SBMPTN. Misalnya, passing grade di jurusan Arsitektur UGM 659,20 sementara nilai rata–rata yang diterima adalah 678,19. Jadi, kamu perlu berusaha untuk meraih nilai UTBK pada kisaran 678,19 jika mau menembus prodi tersebut. Pasalnya, passing garde merupakan nilai terendah, sehingga kurang aman bila dijadikan acuan.

3. PILIH JURUSAN SESUAI KEMAMPUAN

Jenis program studi yang akan kamu pilih menentukan apakah di UTBK kamu akan mengambil tes untuk Saintek, Soshum, atau campuran. Sebaiknya pilih jurusan berdasarkan minat dan bakat, pun sesuai dengan kemampuan akademis kamu. Jangan pernah menentukan jurusan hanya karena ikut-ikutan atau asal pilih tanpa berpikir.

4. TAKAR NILAI UNTUK MENGUJI KEMAMPUAN

Salah satu persiapan yang tak kalah pentingnya sebelum menghadapi UTBK tentunya adalah belajar. Tapi, bagaimana cara agar mengetahui sampai dimana kemampuan kita? Apakah ada peningkatan setelah belajar dan berlatih soal-soal?

Untuk mengetahui hasil belajar itu kita perlu mengikuti Try Out. UsahakanUsahakan untuk mengikuti setiap Try Out yang ada selama masih cukup waktu. Ada banyak layanan Try Out gratis yang bisa kamu cari di internet atau media sosial. Jangan malas men-searching

Salah satu pentingnya Try Out juga melatih kita agar mengakrabkan diri dengan soal-soal ujian agar terbiasa dengan suasana ujian nantinya.

Yang terpenting adalah hasil Try Out. Pastikan skor Try Out kamu meningkat dan semakin mendekati skor minimal yang lolos SBMPTN pada jurusan dan PTN yang kamu targetkan!

5. PANTAU PELUANG DI PETA PERSAINGAN

Sembari menunggu jadwal pendaftaran SBMPTN setelah UTBK usai, kita dapat memanfaatkan waktu dengan melakukan riset kecil-kecilan. Selain skor minimal yang lolos SBMPTN pada tahun sebelumnya, tak ada salahnya kita mencari tahu berapa banyak kuota mahasiswa baru yang tersedia dan jumlah pendaftar prodi yang dipilih, serta berapa jumlah yang diterima.

Perhatikan pula berapa skor terendah, rata-rata, dan tertinggi yang diperlukan untuk masuk prodi tersebut berdasarkan nilai SBMPTN tahun sebelumnya. Dua jurusan pilihan teratas untuk SBMPTN layak mendapat prioritas riset ini.

6. JAGA KESEHATAN

Poin terakhir ini tak kalah pentingnya namun sering dilupakan dan diabaikan. Kadang karena terlalu fokus belajar, bimbel, try out, dan lainnya hingga lupa kondisi tubuh. Tubuh menjadi kekurangan istirahat dan nutrisi makanan. Jadi, belajarnya juga perlu dikondisikan yah. Jangan terlalu berlebihan hingga kelelahan! Karena otak dan tubuh perlu istirahat.

Perhatikan makan, istirahat yang cukup, imbangi dengan olahraga ringan, dan jangan lupa memberikan refreshing bagi otak misalnya dengan sedikit hiburan untuk kesehatan mental.

Semua usaha itu akan menjadi sia-sia jika kamu sampai nge-drop di saat kamu menghadapi ujian. Makanya kesehatan sangat penting agar kondisi tubuh bisa fit sampai tiba hari H.

Nah, sudah siap menghadapi SBMPTN? Semoga dengan menerapkan tips ini kamu bisa mendapatkan peluang lebih besar buat lolos SBMPTN nantinya yah!

Author: Nurfadillah Ham 

Nurfadillah Ham, gadis ambisius kelahiran Pinrang. Mulai menekuni dunia kepenulisan sejak SMA. Orang tua adalah motivasi terbesarnya. Pernah memperoleh beasiswa kepenulisan ke Singapura oleh ESEYM (Event Student Exchange & Youth Movement). Juara 2 Lomba Esai Nasional Muslim Youth Competition oleh Universitas Islam Indonesia. Telah menerbitkan cerpen berjudul "Aku bukan Teroris!" di Koran Fajar dan beberapa dapat dijumpai di beberapa media lainnya.

 

Related Posts
Ahmad Amiruddin
Saat ini mengambil jurusan Teknik Lingkungan di Universitas Pertamina. Seorang yang sangat menyukai membahas isu-isu yang ada di masyarakat utamanya mengenai masalah lingkungan. Selain mengenai lingkungan, juga tertarik dengan platform minyak dan gas serta desain. "VI VERI VENI VERSUM VIVUS VICI"

Related Posts

Posting Komentar