SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

PASSIVE DESIGN: NATURAL DAYLIGHTING

Konsep pembangunan terbagi menjadi dua desain diantaranya active design dan passive design. Perbedaan keduanya yaitu active design merupakan konsep pembangunan dengan menggunakan tambahan teknologi pada bangunan tersebut, sedangkan passive design merupakan konsep pembangunan tidak bergantung pada teknologi dan biasanya berasal dari kebiasaan terdahulu. Passive Design memiliki beberapa bagian seperti building form & orientation, façade material, shading devices, dan natural daylighting.

Natural daylighting merupakan strategi konsep bangunan yang menggandalkan energi cahaya dari matahari. Keberadaan cahaya alami didalam ruangan dalam melakukan penghematan energi dan mengurangi ketergantungan terhadap cahaya buatan atau sumber listrik. Penggunaan cahaya matahari untuk bangunan dengan menambahkan jendela, lubang, atau komponen lainnya agar cahaya matahari mudah masuk kedalam bangunan. Selain itu, penggunaan material bangunan dapat mengisolasi panas dan dapat menjaga suhu interior bangunan menjadi nyaman.

Bangunan yang direkomendasikan dapat menerapkan natural daylighting seperti bentuk bangunan menghadap ke utara atau selatan/bangunannya memanjang dari timur ke barat, bangunan yang memiliki halaman dalam ruangan besar dan tidak banyak dinding pemisah ruangan, dan penempatan jendela pada setiap bangunan seperti jendela yang menghadap ke utara panas dari cahaya matahari minim serta tidak langsung masuk kedalam ruang bangunan. Faktor yang perlu diperhatikan agar penggunaan cahaya matahari mendapat manfaat, diantaranya variasi cahaya matahari yang terbagi dari beberapa sudut, distribusi pantulan dan terangnya cahaya, dan letak serta kegunaan bangunan.

Manfaat dari natural daylighting seperti memberikan kualitas ruangan yang lebih baik, meningkatkan mobilitas kinerja terhadap penghuni/pengguna bangunan, dan mengurangi penggunaan konsumsi energi pencahayaan hingga 20-30% (Anonim, 2019). Ketika suatu bangunan mampu menerapkan passive design, maka bangunan tersebut sudah berkontribusi terhadap lingkungan kerja maupun lingkungan sekitar yang lebih baik.

REFERENSI

Anonim. (2019). Daylighting. Diakses dari https://nzeb.in/knowledge-centre/passive-design/daylighting/ pada tanggal 23 Februari 2020.

 


Related Posts
Ahmad Amiruddin
Saat ini mengambil jurusan Teknik Lingkungan di Universitas Pertamina. Seorang yang sangat menyukai membahas isu-isu yang ada di masyarakat utamanya mengenai masalah lingkungan. Selain mengenai lingkungan, juga tertarik dengan platform minyak dan gas serta desain. "VI VERI VENI VERSUM VIVUS VICI"

Related Posts

Posting Komentar