SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

5 TIPS AGAR TIDAK MENGANTUK SAAT BELAJAR

5 TIPS AGAR TIDAK MENGANTUK SAAT BELAJAR

Saat belajar, kadang rasa kantuk menghampiri secara tiba-tiba akibat kelelahan atau kurang tidur. Hal ini tentu membuat kita terganggu sehingga kurang fokus belajar. Dengan terpaksa kita harus menahannya karena tidak bisa dihindari. Tapi, meski demikian penting bagi pelajar maupun mahasiswa melawan rasa kantuk itu untuk meningkatkan konsentrasi belajar.

Kamu bisa mencoba beberapa tips untuk mengusir rasa kantuk saat belajar berikut ini, agar kamu bisa lebih giat dalam belajar.


1. MENDENGARKAN MUSIK


Agar tidak mengantuk saat belajar, kamu bisa memutar musik. Kamu bisa memutar lagu favorit dan baiknya lagu itu memiliki nada dan irama penuh energetic agar bisa meningkatkan semangat kamu. Hal ini dapat bisa memicu mood yang baik sehingga efektif membuat kamu tetap terjaga.

2. BELAJAR DI TEMPAT YANG CUKUP PENCAHAYAAN

Usahakan tempat belajar kamu memiliki pencahayaan yang cukup terang. Jangan belajar di tempat yang redup. Karena itu bisa memicu timbulnya rasa kantuk sebab membuat mata cepat merasa kelelahan.

3. JANGAN DUDUK BERSANDAR

Saat belajar, sebisa mungkin hindari untuk duduk bersandar. Posisi duduk lebih tegak akan sangat berpengaruh. Tapi, jangan tegang juga yah. Dengan duduk bersandar dapat menimbulkan rasa malas saat belajar. Selain itu, jangan belajar di atas tempat tidur apalagi dalam posisi tengkurap, sebab dapat memancing rasa kantuk lebih parah dan membuat kamu jadi ketiduran.

4. MEMBASUH WAJAH DENGAN AIR

Membasuh wajah dengan air juga bisa kamu lakukan untuk mengusir rasa kantuk yang sebelumnya menyerang. Otak akan menjadi lebih siap untuk mencerna pelajaran kembali saat mata kamu lebih fresh setelah membasuh wajah dengan air. Cara ini sangat mudah dilakukan dan terbukti sangat ampuh. 

5. MENGUNYAH MAKANAN

Tips selanjutnya kamu bisa mengunyah makanan seperti permen saat belajar. Permen bisa meningkatkan mood agar menjadi lebih baik. Hal ini juga bisa menjadi cara ampuh menghindari rasa kantuk karena saat mengunyah, otot-otot rahang belakang akan bergerak. Hal ini tanpa sadar memicu otak untuk lebih berkonsentrasi. Kamu bisa memilih permen karet atau camilan lainnya yang bisa membuat aktivitas otot rahang terus bekerja. Kamu bisa makan sayur atau buah jika ingin lebih sehat.

Buat kamu yang suka mengantuk saat belajar, bisa kamu terapkan tips-tips di atas ya!

Related Posts
Nurfadillah Ham
Gadis ambisius kelahiran Pinrang. Mulai menekuni dunia kepenulisan sejak SMA. Orang tua adalah motivasi terbesarnya. Pernah memperoleh beasiswa kepenulisan ke Singapura oleh ESEYM (Event Student Exchange & Youth Movement). Juara 2 Lomba Esai Nasional Muslim Youth Competition oleh Universitas Islam Indonesia. Telah menerbitkan cerpen berjudul "Aku bukan Teroris!" di Koran Fajar dan beberapa tulisannya dapat dijumpai di beberapa media lainnya.

Related Posts

Posting Komentar