SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

TIPS DAN TRIK MENULIS ESAI MENARIK

TIPS DAN TRIK MENULIS ESAI MENARIK

Kata esai sudah tak asing lagi di kalangan para siswa SMA maupun mahasiswa. Berbagai lomba esai menjadi pusat perhatian kalangan siswa SMA, sebab dengan memenangkan lomba tersebut kalian dapat mendapat beasiswa dan mendapat hadiah tour ke luar negeri. Misalnya baru-baru ini yaitu lomba esai Jepang, persahabatan antara Jepang dan Indonesia dengan tema inspirasi remaja untuk dan dari Jepang.

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri, selain mendapatkan sertifikat untuk daftar ke perguruan tinggi pemenangnya juga dibekali hadiah tour untuk jalan-jalan ke Jepang. Jadi tak sedikit yang ingin menulis esai dan ikut perlombaan. Tetapi, menulis esai itu tidak asal menulis saja perlu beberapa langkah agar esai kita terlihat menarik, sehingga juri tidak bosan membaca esai yang kita tulis.

Sebelum masuk tips dan trik menulis esai yang menarik, kita akan membahas bagaimana sih esai itu? Esai adalah bentuk tulisan yang mengambarkan opini atau pandangan penulis terhadap subjek tertentu seperti budaya, ekonomi maupun politik.Teman-teman juga harus tahu bahwa esai itu memiliki berbagai jenis. Biasanya yang sering kita ikutkan lomba itu esai ilmiah. Berikut ulasan mengenai tips dan trik menulis esai yang menarik :

1. Buat Esai dengan Tema yang Lagi Marak Diperbincangkan Saat Ini

Cara ini dapat digunakan jika esai yang diperlombakan memiliki syarat tema bebas. Jadi teman-teman dapat mencari topik yang sedang diperbincangkan. Misalnya pada saat ini, Indonesia sedang dilanda pandemi covid-19. Seiring berkembangnya zaman maka informasi yang kalian dapatkan juga akan berkembang, jadi usahakan untuk mengupdate setiap informasi internasional maupun nasional.

2. Gunakan Judul yang Menarik

Sajikan tulisan dengan judul yang semenarik mungkin karena tertariknya seseorang membaca tulisan kita juga bergantung pada judul yang kita gunakan.

3. Gunakan Pengait (Kalimat Pembuka yang Menarik Perhatian) di Awal Kalimat

Seperti kutipan ahli, pernyataan yang kontraversial atau fakta yang kini menjadi perhatian publik. Dan terakhir, solusi atau ide yang unik. Ketika ide ataupun solusi yang kalian tawarkan di tulisan unik dan berbeda dengan yang lain, yakinlah orang akan tertarik untuk membaca tulisan teman-teman.

4. Pikirkan Ide Kalian sebelum Menulis Esai

Usahakan ide yang teman-teman tuangkan ke dalam tulisan itu menarik, di luar jangkauan seseorang atau di luar naluri seseorang. Kalian diajak untuk memikirkan hal-hal yang logis dan sesuai fakta. Sajikan ide itu dengan anti mainstream atau secara tidak biasa-biasa saja agar menarik perhatian pembaca.

5. Usahakan untuk Berkomunikasi dengan Orang yang Ahli atau Sudah Pernah Menjuarai Lomba

Nah, tips ini dapat kalian gunakan untuk menghindari writing block, selain dari informasi yang teman-teman baca seperti google scholar, kalian juga dapat mengkonsultasikan tulisan kepada mereka yang sudah berpengalaman dan memilki bakat. Minta pendapat mereka dan jangan malu untuk bertanya apalagi menunjukkan naskah kamu. Karena melajar menulis sama halnya dengan bayi yang belajar berjalan. Kita tidak bisa langsung mencapai angka sepuluh sebelum berada di titik nol. Jadi, jangan pernah ragu. Tanamkan selalu keyakinan dan tekad kuat dalam diri kalian hingga tulisan kalian pun bisa baik dan menarik.

Sekilas tips dan trik menulis esai yang menarik dari saya. Jangan pernah berhenti untuk menulis dan menciptakan sebuah karya. Kegiatan dimana imaji kita bebas berpetualang kemana saja. Dengan menulis kita dapat menciptakan dunia tanpa ganggu gugat dari seorangpun. Dan dengan menulis pula kita bisa abadi sepanjang masa.

Author: Nurfadillah Ham 

Nurfadillah Ham, gadis ambisius kelahiran Pinrang. Mulai menekuni dunia kepenulisan sejak SMA. Orang tua adalah motivasi terbesarnya. Pernah memperoleh beasiswa kepenulisan ke Singapura oleh ESEYM (Event Student Exchange & Youth Movement). Juara 2 Lomba Esai Nasional Muslim Youth Competition oleh Universitas Islam Indonesia. Telah menerbitkan cerpen berjudul "Aku bukan Teroris!" di Koran Fajar dan beberapa dapat dijumpai di beberapa media lainnya.


 

Related Posts
Ahmad Amiruddin
Saat ini mengambil jurusan Teknik Lingkungan di Universitas Pertamina. Seorang yang sangat menyukai membahas isu-isu yang ada di masyarakat utamanya mengenai masalah lingkungan. Selain mengenai lingkungan, juga tertarik dengan platform minyak dan gas serta desain. "VI VERI VENI VERSUM VIVUS VICI"

Related Posts

Posting Komentar