SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

5 TIPS SEDERHANA MENERAPKAN POLA HIDUP SEHAT

TIPS SEDERHANA MENERAPKAN POLA HIDUP SEHAT
“Mencegah lebih baik daripada mengobati”
Istilah ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tidak sedikit dari kita yang baru menyadari mahalnya arti sehat ketika sakit mulai menjangkit. Hal tersebut tak bisa dipungkiri sebab seiring berkembangnya zaman dan kesibukan, kita terkadang lupa atau mengabaikan pola hidup sehat. Alhasil, tidak jarang penyakit yang mudah menyerang tubuh.

Saat penyakit sudah menjangkit, maka budget yang harus dikeluarkan untuk pemeriksaan ke dokter dan pembelian obat kadang tidaklah sedikit. Untuk menghindari hal tersebut, hal yang paling mudah kita lakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Ada beberapa tips pola hidup sehat yang mudah dilakukan dan bisa kamu terapkan untuk membantu kamu menjadi lebih sehat.

1. MENGONSUMSI MAKANAN BERNUTRISI
Salah satu faktor utama untuk memperoleh hidup sehat adalah makanan. Mengonsumsi makanan yang penuh gizi seperti rendah gula, kaya serat, dan banyak vitamin akan sangat membantu kamu untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Hindari makanan berlemak dan makanan yang mengandung pengawet karena hal tersebut tidak baik pengaruhnya bagi tubuh.

Baiknya kamu memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah. Agar tidak bosan mengonsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang banyak, kamu bisa mengolahnya menjadi salad dengan mencampurkan beberapa jenis buah dan sayur atau membuat puding buah. Kamu juga bisa mencari berbagai resep mengolah makanan sehat agar menu makanan kamu tidak terlalu monoton tapi tetap bergizi. 

2. OLAHRAGA YANG RUTIN

Tubuh perlu bergerak untuk memaksimalkan fungsinya dan cara mudah yang paling baik dilakukan adalah dengan berolahraga. Faktanya, olahraga bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar. Berapapun usiamu, usahakan untuk tetap aktif secara fisik. Banyak orang berpikir bahwa olahraga itu melelahkan, sehingga banyak orang yang malas untuk berolahraga. PadahalPadahal, olahraga perlu dilakukan secara rutin karena baik bagi anak-anak, remaja, orang dewasa sampai lansia untuk menunjang kesehatan.
Kathleen Zelman, MPH, RD, LD, direktur kesehatan WebMD, menjelaskan ketika olahraga tubuh akan lebih bebas bergerak. Hal ini memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Dengan demikian, daya tahan tubuh akan lebih meningkat sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Jika kamu tidak terbiasa berolahraga, kamu bisa memulainya dengan olahraga ringan berlari-lari kecil mengelilingi rumah setelah bangun tidur atau di sore hari. Kamu juga bisa menjadikan hobimu sebagai olahraga mingguan yang menyenangkan. Contohnya zumba, futsal, basket, bersepeda, berenang, dan lainnya. Agar terasa lebih seru, kamu bisa melakukan kegiatan tersebut bersama keluarga dan kerabat.

3. TIDUR YANG CUKUP

Rajin olahraga dan makan makanan yang bergizi akan sia-sia kalau istirahat atau tidur kamu tidak cukup. Tidur menjadi sebuah fondasi di mana pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Jika fondasi ini goyah, tentunya akan memberi pengaruh buruk bagi kesehatan kamu. Mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati hingga berat badan kamu.

Kebutuhan tidur setiap individu berbeda-beda. Menurut National Sleep Foundation, durasi tidur yang ideal bagi usia dewasa membutuhkan waktu kisaran 7-9 jam per malam. Orang yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup berpotensi terkena penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung. Jadi, sesibuk apapun kamu, usahakan untuk istirahat dan tidur yang cukup. Namun, jangan sampai berlebihan juga agar penerapan pola hidup sehat bisa efektif.

4. PERBANYAK MINUM AIR PUTIH

Perbanyak minum air putih karena setiap hari cairan dalam tubuh terus berkurang lewat keringat, urin, bahkan saat bernapas. Selain itu, sekitar 60 persen dari komposisi tubuh adalah air. Inilah mengapa, penting bagi kamu untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan kamu terpenuhi setiap hari.

Meminum banyak air putih juga memancing produksi air liur yang banyak sehingga baik untuk kondisi tubuh. Jadi, pastikan bahwa asupan cairan kamu tepenuhi dengan baik dan tidak sampai terkena dehidrasi.

Jika perlu, bawalah botol minum sendiri saat jalan keluar rumah. Masukkan botol tersebut dalam tas, agar kamu tidak lupa membawanya ke mana-mana. Selain itu, sediakan juga air minum di meja kerja dan di kamar tidur.

5. BERPIKIR POSITIF

Dengan berpikir positif, itu artinya kita memberi sugesti yang baik terhadap diri kita sendiri yang dapat membangkitkan aspek positif pada diri seperti potensi, semangat, tekad, dan keyakinan diri. Hal tersebut tentunya menjadikan perasaan dan perilaku kita menjadi baik pula.

Para peneliti menemukan manfaat dari berpikir positif bagi kesehatan. Salah satunya adalah membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya menjaga kesehatan tubuh, berpikir positif juga dapat membuat seseorang lebih merasa bahagia sehingga dapat memicu kamu untuk menjadi orang yang lebih produktif.

Itulah beberapa tips sederhana pola hidup sehat dari saya, semoga bermanfaat ;)
Related Posts
Nurfadillah Ham
Gadis ambisius kelahiran Pinrang. Mulai menekuni dunia kepenulisan sejak SMA. Orang tua adalah motivasi terbesarnya. Pernah memperoleh beasiswa kepenulisan ke Singapura oleh ESEYM (Event Student Exchange & Youth Movement). Juara 2 Lomba Esai Nasional Muslim Youth Competition oleh Universitas Islam Indonesia. Telah menerbitkan cerpen berjudul "Aku bukan Teroris!" di Koran Fajar dan beberapa tulisannya dapat dijumpai di beberapa media lainnya.

Related Posts

Posting Komentar