SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

5 TIPS MENENTUKAN JURUSAN KULIAH YANG COCOK

5 TIPS MENENTUKAN JURUSAN KULIAH YANG COCOK

Banyak di antara kita yang sering kali merasa salah dalam memilih jurusan. Baik itu ketika SMA maupun ketika ingin kuliah, tetapi yang paling sering ditemukan adalah ketika kuliah. Memilih jurusan kuliah adalah problem yang perlu dilewati sebelum menjadi mahasiswa. Memilih jurusan yang tepat sangatlah penting karena menentukan masa depan.  Maka dari itu, kita harus mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan agar tidak salah jurusan.

Di bawah ini adalah beberapa tips untuk menentukan jurusan kuliah yang cocok bagi diri kita.

1. KENALI DIRIMU SENDIRI, APA PASSION, MINAT, DAN HOBIMU

Hal pertama yang harus diketahui yaitu kenali dirimu sebaik mungkin. Untuk mengetahui passion, minat dan hobi apa yang  disukai, anda harus mengenali siapa diri anda. Hal ini akan membantu anda dalam memilih jurusan, karena anda dapat konsisten menjalankan hal tersebut. 

Memilih jurusan kuliah yang sesuai minat membuat anda menjalani perkuliahan dengan senang dan tidak akan merasa terbebani, walaupun tugas kuliah menumpuk.

Misalnya, anda memiliki hobi menggambar atau melukis, karir desain grafis bisa menjadi pilihan seimbang, yakni menjalani hobi dengan orientasi karir yang baik.

Kalau passion sudah mengalahkan segalanya, belajar pun juga akan berjalan dengan penuh kegembiraan. Artinya, anda akan enjoy kuliah di jurusan tersebut.


2. JANGAN PERNAH MEMILIH JURUSAN HANYA KARENA PROSPEK KERJANYA

Pendidikan itu untuk mengembangkan semua potensi agar bisa berkembang sesuai dengan apa yang anda inginkan. Jika anda benar-benar menikmati proses belajarnya dan menjadi ahli dalam bidang itu, pasti anda akan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion anda juga. 


3. KONSULTASI DENGAN ORANG LAIN YANG MENGENAL DIRI ANDA

Temukan orang-orang yang mengenal siapa diri Anda, seperti guru, orangtua, teman, atau yang lainnya. Mintalah bantuan kepada merekauntuk memberikan saran tentang jurusan yang cocok dan sesuai dengan diri anda. Orang yang mengenali anda dengan baik pasti memiliki saran.

Pendapat orang lain juga penting menjadi pertimbangan untuk melihat diri kamu dari sudut pandang yang berbeda. Siapa tahu, mereka memiliki pandangan dan arahan lain yang bisa menambah referensi untuk memilih jurusan yang cocok.


4. JANGAN IKUT-IKUTAN DENGAN PILIHAN ORANG LAIN

Poin ini juga penting bagi anda yang masih bimbang dalam menentukan jurusan ketika ingin kuliah nanti. Jangan pernah mengambil jurusan hanya karena banyak dipilih oleh teman-teman anda.  Hal ini akan bertolak belakang dengan passion yang anda miliki. Yakinkan diri anda bahwa jurusan yang telah anda pilih adalah yang tepat tanpa mengikuti pilihan dari teman-teman anda. Karena, bisa saja jurusan tersebut cocok bagi teman anda tetapi, tidak dengan diri anda. Jadi, buanglah jauh-jauh pikiran untuk menyamakan jurusan dengan teman-teman anda. Nasib anda berada di tangan anda sendiri. Bukan orang lain.

5. TES KEPRIBADIAN

Sudah banyak tes kepribadian online di internet. Dari situ bisa membantu anda untuk memberikan gambaran mengenai kepribadian dan jurusan apa yang cocok sesuai minat dan bakatmu. Meski tak 100 persen efektif membaca potensi karakter, namun tes kepribadian boleh dijadikan referensi dalam menentukan jurusan yang cocok dengan diri anda.

Dengan tes kepribadian ini, bisa membantu menganaliis minat, karakter, kelebihan, kekurangan, hingga skala kemampuanmu. Tak hanya itu, beberapa tes kepribadian menunjukkan ketertarikan, bidang karir yang cocok dengan anda.

Semoga dengan menerapkan 5 tips di atas bisa memudahkan dalam memilih jurusan kuliah yang cocok untuk anda yah!

Related Posts
Nurfadillah Ham
Gadis ambisius kelahiran Pinrang. Mulai menekuni dunia kepenulisan sejak SMA. Orang tua adalah motivasi terbesarnya. Pernah memperoleh beasiswa kepenulisan ke Singapura oleh ESEYM (Event Student Exchange & Youth Movement). Juara 2 Lomba Esai Nasional Muslim Youth Competition oleh Universitas Islam Indonesia. Telah menerbitkan cerpen berjudul "Aku bukan Teroris!" di Koran Fajar dan beberapa tulisannya dapat dijumpai di beberapa media lainnya.

Related Posts

Posting Komentar