SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

DAUR ULANG KERTAS DI RUMAH DAN CARA MENGENDALIKAN PENGGUNAAN KERTAS KITA


DAUR ULANG KERTAS DI RUMAH DAN CARA MENGENDALIKAN PENGGUNAAN KERTAS KITA.

KERTAS APA YANG BISA DIDAUR ULANG?

Hampir semua jenis kertas dapat didaur ulang, termasuk majalah, karton bergelombang, kertas printer, kertas kemasan, koran, kardus susu dan karton jus, surat langsung yang tidak diminta, buku telepon, dan banyak lagi. Misalnya, handuk kertas dan piring kertas bekas tidak dapat didaur ulang karena mengandung partikel makanan. Namun, dalam banyak kasus, produk kertas tersebut dapat dibuat kompos di halaman belakang rumah atau dibuat kompos oleh perusahaan pengelolaan sampah setempat.

BAGAIMANA CARA MENDAUR ULANG KERTAS DI RUMAH?

Kertas daur ulang tidak hanya untuk pabrik kertas; Kamu juga dapat mendaur ulang kertas di rumah dengan mengikuti beberapa langkah sederhana. 

Inilah yang akan Kamu butuhkan:

  1. Limbah kertas (Jangan menggunakan kertas mengkilap seperti majalah)
  2. Air
  3. Blender
  4. Bingkai foto lama
  5. Layar atau jala (Pasang ke bingkai foto)
  6. Kain atau spons
  7. 13 ”x 9” panci
  8. Pertama, pasang layar atau jala ke bingkai foto lama menggunakan kuku, staples, atau lem untuk membuat cetakan kertas.

Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Robek kertas menjadi potongan-potongan kecil dan tambahkan ke blender dengan air hangat. Blender campuran hingga bubur kertas menjadi konsistensi yang halus.
  • Atur cetakan bingkai foto ke dalam loyang 13 '' x 9 '', lalu tuangkan bubur ke dalam loyang. Pastikan cetakan tertutup dengan baik, lalu tarik cetakan ke atas. Biji dan bunga liar dapat ditambahkan pada tahap ini - tutupi biji dengan sedikit lebih banyak bubur kertas untuk ditanamkan sepenuhnya di kertas.
  • Menggunakan handuk atau spons, tekan sisa air dan biarkan kertas mengering selama satu atau dua hari. Bubur dapat mengering secara langsung di layar atau membalik cetakan dan membiarkannya kering di permukaan lain.
  • Opsional: Setelah digunakan, letakkan kertas di atas permukaan tanah yang kendur dan tutup dengan lapisan tanah yang tipis. Taburi dengan air untuk menjaga area tetap lembab, dan perhatikan benih Kamu lepas lkamus
DAUR ULANG KERTAS DI RUMAH DAN CARA MENGENDALIKAN PENGGUNAAN KERTAS KITA.

Contoh produk kertas daur ulang:

Produk kertas daur ulang digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari dan kamu bahkan mungkin tidak sadar bahwa kamu menggunakannya. Bahkan, diperkirakan 200 juta ton kertas dan karton diproduksi setiap tahun dari sumber kertas daur ulang. Contoh paling umum dari produk yang terbuat dari kertas daur ulang adalah kertas cetak putih, kertas dan tisu toilet, handuk dan serbet kertas, kartu ucapan, kardus majalah dan koran.

Buku yang terbuat dari kertas daur ulang

Pengecer kreatif juga menjual barang-barang lain yang secara tradisional tidak dibuat dari kertas daur ulang. Misalnya, Sepuluh Ribu Desa menjual vas bunga, bingkai foto, jam, dan kerajinan lain yang terbuat dari kertas daur ulang.

 “Saat ini, jumlah total kayu dan kertas yang dibuang setiap tahun cukup untuk memanaskan 50.000.000 rumah selama 20 tahun.”

Jika kita ingin melestarikan lingkungan alami untuk anak-anak dan cucu kita, kita masing-masing harus mengambil sikap terhadap sampah yang tidak perlu dan berkomitmen untuk mendaur ulang kertas yang kita gunakan.

Apakah Kamu akan membuat komitmen untuk mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang kertas di rumah dan kantor Kamu hari ini?

Sebagai bonus, berikut adalah 10 langkah sederhana yang dapat diikuti untuk mengendalikan penggunaan kertas sehari-hari:

  1. Gunakan kain/handuk dan kurangi konsumsi tissue di kamar mandi
  2. Kumpulkan kertas bekas dan gunakan kembali
  3. Gunakan printer jika benar-benar dibutuhkan
  4. Simpan tas belanja kertas yang didapat dan gunakan kembali
  5. Menanam pohon di sekitar rumah dan kantor
  6. Pinjam buku dari perpustakaan, hindari membeli di toko buku
  7. Baca koran secara online
  8. Menyebar undangan pernikahan secara online
  9. Gunakan box sepatu sebagai tempat penyimpanan
  10. Belilah kertas daur ulang dan gunakan untuk kebutuhan sehari-hari

 


Related Posts
Ahmad Amiruddin
Saat ini mengambil jurusan Teknik Lingkungan di Universitas Pertamina. Seorang yang sangat menyukai membahas isu-isu yang ada di masyarakat utamanya mengenai masalah lingkungan. Selain mengenai lingkungan, juga tertarik dengan platform minyak dan gas serta desain. "VI VERI VENI VERSUM VIVUS VICI"

Related Posts

Posting Komentar