SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

5 TIPS UNTUK MENGATASI INSOMNIA SECARA ALAMI

5 TIPS UNTUK MENGATASI INSOMNIA SECARA ALAMI SUSAH TIDUR
Beberapa orang mungkin sering mengalami yang namanya insomnia atau susah tidur. Nah, perlu kita ketahui bahwa insomnia terbagi menjadi dua. Pertama, insomnia akut yakni insomnia yang mungkin sering kita alami misalnya susah tidur karena esoknya kita akan menghadapi ujian. Biasanya ini terjadi sehari atau seminggu. Yang kedua adalah insomnia kronis yaitu terjadi dalam kurun waktu yang lama hingga beberapa bulan.

Penyebab terjadinya insomnia biasanya akibat stress, cemas, atau kebiasaan tidur yang buruk.

Beberapa orang mengatasi insomnia ini dengan mengomsumsi obat tidur yang dosisnya sangatlah tinggi dan harus diresepkan dari dokter. Tetapi cara tersebut menurut saya kurang efektif. Mengapa? Karena obat-obatan tersebut juga akan berpengaruh para tubuh yang lain sehingga dapat menyebabkan overdosis akibat terlalu sering mengumsumsi obat.

Namun ada pula cara yang lain untuk mengatasi insomnia dengan cara yang alami tidak dengan mengomsummsi obat tidur. Pada artikel ini saya akan berbagi 5 tips alami untuk mengatasi insomnia.

1. JADIKAN KASUR SEBAGAI TEMPAT TIDUR

Sebagian orang menggunakan kamarnya sebagai tempat untuk beraktivitas seperti makan di kasur, menonton dan lain sebagainya. Padahal kita harus mengetahui fungsi kasur untuk dipakai hanya ketika ingin tidur. Juga tidurlah di kasur saat anda merasakan lelah karena dengan begitu memungkinkan untuk kita cepat terlelap sebab kondisi fisik yang lemah. Pun jangan lupa untuk mengatur waktu tidur dengan baik.

2. RUTIN OLAHRAGA DAN MANDI AIR HANGAT

Tips berikutnya adalah dengan rutin berolahraga seperti melakukan perenggangan otot karena dengan tubuh yang lemas akan memudahkan untuk tidur yang nyenyak. Selain itu, mandi air hangat ketika ingin tidur juga bisa membantu mengatasi susah tidur. Biasanya setelah mandi air hangat kita akan cepat merasakan ngantuk. Mandi air hangat ini juga diyakini tidak menimbulkan penyakit. Beberapa penelitian menunjukkan mandi malam dengan air hangat tidak menyebabkan penyakit kecuali dengan air yang dingin.

3. JAUHKAN PONSEL DAN MATIKAN LAMPU SAAT INGIN TIDUR

Ponsel adalah salah satu penyebab kita mengalami insomnia karena biasanya para remaja akan menggunakan ponsel hingga larut malam. Nah, jadi disini orang dewasa akan tidur sekitar pukul 10.00-11.00 dan pada waktu itu singkirkanlah ponsel kita karena cahayanya dapat merangsang otak sehingga menyebabkan susah tidur. Jangan lupa untuk mematikan lampu sebelum tidur. Pastikan saat kita ingin tidur tidak ada cahaya yang mengenai mata kita. Dengan mematikan lampu otak kita juga dapat beristirahat dengan baik karena berada dalam keadaan gelap atau tanpa rangsangan cahaya.

4. MEMBACA BUKU ATAU MAJALAH SEBELUM TIDUR

Beberapa orang biasanya membaca buku sebelum tidur. Cara ini juga baik untuk pelajar. Dengan membaca buku sebelum tidur kita juga mendapatkan manfaat serta membuat mata menjadi lelah sehingga menimbulkan rasa kantuk. Cara ini adalah cara yang paling efektif  dalam mengatasi insomnia. Namun, hindari membaca di ponsel karena cahayanya membuat mata akan susah untuk terlelap.

5. MAKAN MALAM LEBIH AWAL

Makan malam lebih awal juga akan menyebabkan rasa kantuk yang cepat. Makanlah sekitar 3-4 jam sebeelum tidur dan jangan biasakan setelah makan langsung tidur karena dapat tidak baik bagi kesehatan karena dapat mengganggu pencernaan. Tips makan lebih awal ini sangat baik bagi yang menderita penyakit maag.

Itulah 5 tips alami yang dapat kita gunakan untuk mengatasi insomnia selain dengan mengomsumsi obat tidur, semoga bermanfaat.   

Author: Nurfadillah Ham 

Nurfadillah Ham, gadis ambisius kelahiran Pinrang. Mulai menekuni dunia kepenulisan sejak SMA. Orang tua adalah motivasi terbesarnya. Pernah memperoleh beasiswa kepenulisan ke Singapura oleh ESEYM (Event Student Exchange & Youth Movement). Juara 2 Lomba Esai Nasional Muslim Youth Competition oleh Universitas Islam Indonesia. Telah menerbitkan cerpen berjudul "Aku bukan Teroris!" di Koran Fajar dan beberapa dapat dijumpai di beberapa media lainnya.



Related Posts
Ahmad Amiruddin
Saat ini mengambil jurusan Teknik Lingkungan di Universitas Pertamina. Seorang yang sangat menyukai membahas isu-isu yang ada di masyarakat utamanya mengenai masalah lingkungan. Selain mengenai lingkungan, juga tertarik dengan platform minyak dan gas serta desain. "VI VERI VENI VERSUM VIVUS VICI"

Related Posts

Posting Komentar