SP07h2xosbbkqVeFtGDx6IHrN3J20p9OptU54Mu3

6 TIPS MENGATASI RASA BOSAN SELAMA DI RUMAH SAJA

6 TIPS MENGATASI RASA BOSAN SELAMA DI RUMAH SAJA

Salah satu masalah yang mungkin muncul ketika harus berdiam di rumah adalah timbulnya rasa bosan. Rasa bosan adalah hal lumrah yang sering dirasakan. Untuk mengatasi rasa jenuh dan bosan, ada baiknya melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif dan bermanfaat. Berikut adalah kegiatan-kegiatan tersebut :

1. MENONTON FILM ATAU DRAKOR

Menonton merupakan aktivitas yang memakan waktu banyak, terlebih lagi jika tontonan tersebut berupa film atau serial yang memiliki banyak episode. Menonton dapat mengusir stress dan rasa bosan yang melanda ketika harus berdiam diri di rumah. Jika rutinitas kamu setiap harinya tidak memungkinkan kamu untuk menyelesaikan apa yang kamu tonton, kamu bisa “membayar hutangmu” ketika memiliki waktu luang di rumah.

2. BERKREASI LEWAT SENI

Manusia dapat berkreasi dan menciptakan hal-hal yang baru (berkreasi). Cotohnya seperti, menggambar, mewarnai, menari, bermain musik, dan menyanyi bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengusir rasa kebosanan. Selain untuk berkreasi lewat seni, juga bisa membangun rasa percaya diri, melatih imajinasi dan mengembangkan potensi bakat yang dimiliki.

3. MENCOBA RESEP BARU

Mencoba resep baru ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rasa bosan di rumah. Selain itu, dengan mencoba memasak resep baru akan menambah skill kamu dalam masak-memasak. Bisa diawali dengan memilih resep makanan dengan bahan yang sederhana dan mudah dibuat.

Memasak tidak hanya menyenangkan, tapi juga membuatnya bisa belajar cara memasak makanan yang sebelumnya tidak diketahui. Memasak dapat meningkatkan kreativitas, dan jika kamu sudah pede dengan masakan kamu, kamu memiliki peluang untuk menghasilkan uang lewat makanan.

4. BELAJAR

Belajar adalah suatu proses atau upaya yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari.

Ketika merasa bosan, kamu dapat melakukan hal yang lebih bermanfaat seperti belajar. Banyak yang bisa kamu dapat ketika belajar, selain mengatasi rasa bosan kamu dapat mengetahui apa yang sebelumnya tidak kamu ketahui. Dalam hal ini, pengetahuan akan meningkatkan kemampuan berpikir seseorang, dan begitu juga sebaliknya kemampuan berpikir akan berkembang melalui ilmu pengetahuan yang dipelajari.

5. BERKEBUN

Berkebun merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan alam. Berkebun di rumah juga merupakan alternatif bagi kamu yang tidak memiliki waktu karena rutinitas yang sibuk. Jika bosan berkebun dapat menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan rasa tersebut.

Memiliki banyak tanaman di rumah dapat membuat rumah kamu indah dengan hiasan tanaman, serta memperlancar sirkulasi udara di sekitar rumah dan membuatnya jadi lebih sejuk. Selain itu, berkebun juga dapat membuat kamu meproduksi beberapa tanaman sayuran dan buahan dari hasil kerja sendiri. 

6. BERMAIN DENGAN PELIHARAAN KESAYANGAN DI RUMAH

Bermain dengan peliharaan kamu di rumah merupakan hal yang menyenangkan, bermain dengan peliharaan juga dapat disertai dengan melatih kelincahan peliharaanmu. Tidak hanya sebagai teman bermain, memelihara hewan juga memberikan hal yang positif bagi kamu seperti, menumbuhkan ikatan dengan peliharaan, bertanggung jawab, dan kejenuhan kamu akan hilang melihat tingkah lucu si hewan peliharaan.

Related Posts
Nurfadillah Ham
Gadis ambisius kelahiran Pinrang. Mulai menekuni dunia kepenulisan sejak SMA. Orang tua adalah motivasi terbesarnya. Pernah memperoleh beasiswa kepenulisan ke Singapura oleh ESEYM (Event Student Exchange & Youth Movement). Juara 2 Lomba Esai Nasional Muslim Youth Competition oleh Universitas Islam Indonesia. Telah menerbitkan cerpen berjudul "Aku bukan Teroris!" di Koran Fajar dan beberapa tulisannya dapat dijumpai di beberapa media lainnya.

Related Posts

Posting Komentar